Jangan Jadikan Rumahmu Seperti Kuburan

Jangan Jadikan Rumahmu Seperti Kuburan

author photo
Saat ini betapa banyak rumah-rumah umat Islam yang mati, sunyi senyap seperti kuburan karena tidak ada bacaan qur'an dan dzikrullah di dalamnya, Dan lagi manakala yang menjadi dendang di dalam rumah itu adalah syair-syair dan lagu-lagu setan, menggunjing, dan mengadu domba? Naudzubillah min dzalik.

Jangan Jadikan Rumahmu Seperti Kuburan
Jangan Jadikan Rumahmu Seperti Kuburan


Suatu ketika Rasulullah SAW bersabda,

“Perumpamaan rumah yang di dalamnya ada dzikrullah, dan rumah yang tidak ada dzikrullah di dalamnya adalah (laksana) perumpamaan antara orang yang hidup dengan yang mati.” (HR. Muslim)

Oleh karena itu, rumah harus dijadikan sebagai tempat untuk melakukan berbagai macam dzikir, baik itu dzikir dalam hati maupun dengan lisan, shalat, atau membaca shalawat dan tilawah al-Quran, atau mempelajari ilmu-ilmu agama, atau membaca buku-buku lain yang bermanfaat.

Jangan sampai rumah-rumah kita penuh dengan kemaksiatan dari kemungkaran, seperti ikhtilat (campur baur dengan lawan jenis) yang diharamkan, tabarruj (pamer kecantikan dan perhiasan) di antara kerabat yang bukan mahram atau kepada tetangga yang masuk ke rumah.

Bagaimana mungkin malaikat penebar rahmat akan masuk ke dalam rumah kita dengan keadaan seperti itu? Karena itu hidupkanlah rumahmu dengan bacaan qur'an dan dzikrullah! Mudah-mudahan Allah merahmati kita semua.

Sumber: 40 Nasihat Memperbaiki Rumah Tangga/Syaikh Dr. Muhammad bin Shalih al-Munajjid/Darul Haq
Next article Next Post
Previous article Previous Post