Muktamar NU Diboikot Kubu Gus Sholah, Sidang Pemilihan Ketua Umum Sepi

Muktamar NU Diboikot Kubu Gus Sholah, Sidang Pemilihan Ketua Umum Sepi

author photo
Sidang Muktamar NU Ke 33 di Alun-alun Jombang, Jawa Timur, menjadi sepi setelah ditinggal pergi kubu Gus Sholah, Rabu, 5 Agustus 2015. Hingga melewati batas waktu pelaksanaan sidang, hanya beberapa deret bangku yang ditempati muktamirin.

Suasana sidang pleno yang membahas pemilihan Ketua Umum dan Rais Aam NU terlihat sepi. Kurang dari separuh jumlah kursi yang disediakan panitia untuk delegasi cabang dan wilayah terisi.

Muktamar NU Ke 33


Panitia terus berusaha membujuk para peserta untuk kembali memasuki ruangan, agar pelaksanaan sidang yang diskors sebelum magrib bisa dilanjutkan. "Mohon para peserta segera masuk ke ruangan untuk mengikuti sidang," kata panitia melalui pengeras suara.

Akibat minimnya jumlah peserta, jadwal sidang yang seharusnya dimulai pukul 20.00 WIB belum dilanjutkan hingga pukul 21.45. Untuk memenuhi kehadiran peserta, panitia melonggarkan persyaratan masuk ke ruang sidang. "Kalau tidak ada Rais Syuriah, unsur Syuriah saja bisa mewakili dengan menunjukkan id card pada Banser," ucap panitia.

Belum ada keterangan resmi dari panitia, apakah sidang pleno tersebut dilanjutkan atau tidak. Panitia terus berupaya mencari keberadaan peserta yang mendadak hilang.

Baca Juga: Inilah Alasan Kenapa AHWA Dipaksakan Di Muktamar NU

Sebelumnya, kubu Gus Sholah menyatakan tak akan kembali ke arena sidang Muktamar menyusul tindakan panitia dan pimpinan sidang yang dinilai tidak fair dengan tidak memberi kesempatan mereka bicara.

Akhirnya, kubu Gus Solah menyatakan menggelar sidang pleno sendiri di Pondok Pesantren Tebuireng, yang berjarak 5 kilometer dari Alun-alun Jombang.

Sumber: Tempo

Next article Next Post
Previous article Previous Post