Yerusalem, Kota Suci Bagi 3 Agama

Yerusalem, Kota Suci Bagi 3 Agama

Kota yang menyimpan banyak misteri. selalu bergejolak dan menjadi rebutan sejak dari zaman dulu hingga kini. Yerusalem menjadi Kota Suci tiga Agama; Nasrani, Yahudi dan Islam.

Peta yerusalem
Peta Yerusalem

Yerusalem adalah sebuah kota yang terkenal dari jaman Nabi Daud (David). yerusalem berarti damai, kesempurnaan. Dalam bahasa Arab, Yerusalem disebut dengan Ursalim al-Quds atau lebih populer dengan al-Quds (Kudus). Pada periode kekuasaan Raja Daud, kota ini dikenal sebagai Ir Daud (Kota Daud). Agama adalah ajaran yang mengajarkan tentang kebaikan, mejadi sebuah ironi ketika dihubungkan dengan sejarah. Dalam perjalanan waktu Yerusalem selalu disibukkan dengan penaklukan mulai dari zaman romawi Kuno, Perang Salib, melahirkan tokoh Salahudin Al Ayubi dan The King Of Lion Hearth, Ottoman, mandat dari Inggris dan hingga sekarang perang perebutan kekuasaan Israel Palestina yang bercampur dengan konflik agama.

Yerusalem (bahasa Ibrani: ירושלים Yerushalayim, bahasa Arab: أورسالم القدس Ūrsālim-Al-Quds atau singkatnya القدس Al-Quds) adalah kota di Timur Tengah yang merupakan kota suci bagi agama Yahudi, Kristen dan Islam. Kota ini diklaim sebagai ibukota Israel, meskipun tidak diakui secara internasional, maupun bagian dari Palestina. Secara de facto kota ini dikuasai oleh Israel. Para elit Israel menganggap kota suci ini adalah bagian dari negaranya dan itu adalah bentuk ideologi "Zionisme". Dari semua negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, hanya Kosta Rika dan El Salvador saja yang menempatkan kedutaan mereka di Yerusalem. Lainnya di Tel Aviv, karena menurut PBB, Yerusalem akan dijadikan Kota Internasional. Oleh orang-orang Palestina, Yerusalem juga dianggap sebagai ibu kota Palestina. Kota historis Yerusalem adalah sebuah warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO mulai tahun 1981. Kota ini memiliki penduduk sebesar 724.000 jiwa dan luas 123 km2. Sepanjang sejarahnya, Yerusalem telah dihancurkan dua kali, dikepung 23 kali, diserang 52 kali, dan dikuasai/dikuasai ulang 44 kali.

Dibalik itu semua Yerusalem menyimpan sejarah yang panjang dan berpengaruh terhadap perkembangan dunia. Yerusalem sangat penting bagi agama Nasrani, Yahudi dan Islam, karena di kota tersebut terdapat sebuah bangunan yang disucikan dan peristiwa yang penting.

Peta yerusalem
Peta Yerusalem yang menunjukkan tempat penting bagi Agama Islam, Nasrani dan Yahudi


Bagi umat Nasrani, Yerusalem adalah tempat Yesus hidup dan disalib, selain itu ada sebuah jalan yang sangat bersejarah yaitu jalan dimana Yesus diarak ketika akan disalib setelah disiksa dan mendapatkan luka kemudian jalan tersebut dinamakan Via Delorosa (jalan kesengsaraan) di tengah kota Yerusalem.

Bukit Golgota tempat Yesus di salib
Bukit Golgota tempat Yesus di salib


                                          

Rute Jalan Via Dolorosa
Rute Jalan Via Dolorosa

                                                        

ilustrasi ketika yesus akan di salib
ilustrasi ketika yesus akan di salib





Bagi umat Yahudi Yerusalem adalah tempat Nabi daud mendirikan kerajaan Yahudi Menurut kitab Ibrani, Raja Daud berkuasa hingga 970 SM. Kekuasaannya diteruskan putranya Sulaiman (Salomo), yang membangun Bait Suci di Gunung Moria. Bait Salomo (kemudian dikenal sebagai Bait Pertama), memainkan perang penting dalam sejarah bangsa Yahudi sebagai tempat singgahnya Tabut Perjanjian. Selama lebih dari 450 tahun, hingga penaklukkan Babilonia pada tahun 587 SM, Yerusalem merupakan ibukota politik Kerajaan Israel bersatu dan kemudian Kerajaan Yehuda dan Baitnya menjadi pusat keagamaan bangsa Israel. Periode ini dikenal dalam sejarah sebagai Periode Bait Pertama. Setelah Salomo wafat (sekitar 930 SM), sepuluh suku utara memisahkan diri membentuk Kerajaan Israel. Di bawah kekuasaan Wangsa Daud dan Salomo, Yerusalem menjadi ibukota Kerajaan Yehuda.

Yahudi Di Jerussalem
Yahudi Di Jerussalem


Kemudian Yerusalem menjadi rebutan Romawi dan Persia, sehingga bangas yahudi terusir dan sekarang dengan gerakan Zeonisme dan Freemansonry mereka berusaha merebut kembali Yerusalem.

Yahudi Di Jerussalem
Yahudi Di Jerussalem


Bait Suci sekarang hanya tinggal tersisa tembok sebelah barat, dan menjadi tempat peribadatan umat Yahudi dengan sebutan Tembok ratapan. Umat Yahudi menuliskan keluhan apapun dikertas lalu menyelipkannya di tembok.

Tembok ratapan
Tembok ratapan

Bagi umat Islam Yerusalem adalah tempat berdirinya Mesjid Al - Aqsa yang berperan penting dalam peristiwa Isra Mi'raj Nabi Muhammad dan merupakan kiblat pertama umat Islam.

Masjidil Aqsa
Masjidil Aqsa


Secara istilah, Isra berjalan di waktu malam hari, sedangkan Miraj adalah alat (tangga) untuk naik. Isra mempunyai pengertian perjalanan Nabi Muhammad saw pada waktu malam hari dari Masjid Al Haram Mekkah ke Masjid Al Aqsha Palestina. Miraj adalah kelanjutan perjalanan Nabi Muhammad saw dari Masjid Al Aqsha ke langit sampai di Sidratul Muntaha dan langit tertinggi tenpat Nabi Muhammad saw bertemu dengan Allah swt. Isra’ Miraj adalah kisah perjalanan Nabi Muhammad ke langit ke tujuh dalam waktu semalam.

Pada masa kekuasaan Khalifah Umar bin Khattab Yerusalem dikuasai Islam. Umat Kristen Palestina waktu itu Uskup Agung Severinus(Snaifore) menyatakan hanya akan membuka pintu Jerusalem pada Khalifah Umar sebagai jaminan pasukan Muslim tidak akan membantai rakyat Yerusalem seperti yang dilakukan pasukan Nebucadnezzar dan Constantin Agung. Sang Uskup mempersilahkan Umar Bin Khatab untuk sholat di dalam “Rumah Allah”. Sejak saat itu terjadi perjanjian damai antar pemeluk umat dibawah perlindungan hukum Islam. Umar Bin Khatab sempat berdoa di atas sebuah batu yang menjadi titik Pe Mi’raj an Nabi ke langit ke tujuh.


Al - Aqsa berkubah berwarna biru sedangkan Dome Of Rock atau Mesjid Umar berkubah emas.



 Batu Terbang di lingkungan Haram Assyarif
Batu Terbang di lingkungan Haram Assyarif

                       


Sebuah ironi Yerusalem selalu menjadi bahan perebutan dan konflik bertolak belakang dengan arti namanya damai dan selamat. Yerusalem sampai sekarang selalu bergejolak dan telah banyak menimbulkan korban nyawa bagi umat manusia.
Next article Next Post
Previous article Previous Post