Di Wilayah Indonesia Ini, Buka Puasa Pukul 18.53



Wilayah Indonesia yang luas dari Sabang sampai Merauke membuat waktu di tiap wilayah mendapatkan cahaya matahari dalam jumlah yang beragam.

Timbulnya perbedaan lama puasa Ramadhan adalah karena variasi periode penyinaran matahari dalam suatu wilayah.

Di Wilayah Indonesia Ini, Buka Puasa Pukul 18.55
Masyarakat Aceh Selatan Buka Puasa dalam Gelap


Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, mengungkapkan, sekarang ini, matahari sedang berada di dekat 23,5 derajat Lintang Utara.

Karena itu, belahan bumi utara mengalami siang lebih lama. "Begitu juga di Indonesia, wilayah utara mengalami siang lebih lama," tutur Thomas, Selasa (30/5/2017).

Wilayah Indonesia yang mengalami siang terlama adalah Aceh. Ketika orang-orang di Pulau Jawa sudah melaksanakan shalat Isya', orang Aceh baru berbuka puasa.

Berdasarkan metode perhitungan Kementerian Agama Banda Aceh, waktu berbuka puasa di Banda Aceh pada tanggal 10 Ramadhan 2017 adalah pukul 18:53 WIB.

Bandingkan dengan Jakarta yang mengalami sudah dapat pada pukul 17.46. Sementara itu, daerah yang paling cepat berbuka adalah Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Disana, orang akan berbuka puasa pada pukul 17.31 WITA.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2017 Seluruh Indonesia

Kendati demikian, karena berada di wilayah khatulistiwa, perbedaan lama puasa di Indonesia tak terlalu signifikan dan tak terlalu terpengaruh gerak semu Matahari.


Loading...