Ternyata Terompet Sangkakala Sudah Berada di Bibir Malaikat



Hari kiamat memang selalu menjadi pembahasan yang menarik. Ada pihak yang mengimaninya, namun ada pula yang meragukannya.

Ternyata Terompet Sangkakala Sudah Berada di Bibir Malaikat


Bagi Umat Islam sendiri, Kiamat yang berarti kehancuran alam semesta memang sudah pasti akan terjadi. Kedatangan hari kiamat ini diawali dengan tiupan terompet dari Malaikat Israfil atas perintah Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Terompet pertanda kiamat tersebut ditiup sebanyak tiga kali. Pada tiupan pertama akan terjadi goncangan dahsyat di langit dan bumi. Tiupan yang kedua membuat semua makhluk hidup tewas seketika. Ketiga barulah manusia dikumpulkan di Padang Mahsyar untuk mendapatkan pengadilan tertinggi.

Memang tak ada yang tahu pasti kapan Terompet Sangkakala itu akan ditiup oleh Malaikat Israfil. Namun tahukah anda jika saat ini terompet sangkakala tersebut sudah berada di bibir Malaikat Israfil, Ia hanya menunggu perintah dari Allah, maka kiamat yang ditakuti oleh sebagian besar manusia itu tidak akan bisa dihindari. Ingin tahu selengkapnya? Berikut ulasannya.

Kebenaran terompet sangkakala ini sudah banyak dijelaskan Allah Subhanahu wa Ta'ala di dalam Alquran. Bahwa sebelum kiamat nanti terompet akan ditiup sebanyak tiga kali. Tiga tiupan tersebut sudah dijelaskan dalam beberapa ayat Al Qur'an. Diantaranya dalam terdapat dalam surat An-Naml: 87 dan az-Zumar: 68


“Dan (ingatlah) hari ketika ditiup sangkakala, terkejutlah segala yang di langit dan segala yang di bumi, kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Dan semua mereka datang menghadap-Nya dengan merendahkan diri.” (An-Naml: 87)

Dalam sebuah hadits riwayat Imam Bukhari dan Muslim, mereka meriwayatkan dari Sahabat Abu Hurairah,

Bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda,

“Jarak antara kedua tiupan itu adalah empat puluh”

“Ya Abu Hurairah, apakah empat puluh itu?” tanya sahabat.

“Saya tidak tahu,” Jawab Abu Hurairah.

“Apakah empat puluh bulan?” tanya sahabat.

“Saya tidak tahu,” Jawab Abu Hurairah.

“Apakah empat puluh tahun?” tanya sahabat lagi.

“Saya tidak tahu,” Jawab Abu Hurairah.

“Kemudian Allah menurunkan hujan, maka hiduplah kembali manusia seperti pepohonan yang disiram air. Ketika itu tubuh anggota tubuh manusia rusak, kecuali sebuah tulang, yaitu tulang punggung bagian bawah (ekor). Dari tulang itulah manusia dihimpun kembali bentuknya kelak pada hari kiamat ” (HR.Syaikhoin)

Ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (hisab). (QS. az-Zumar: 68).

Meski tak ada satupun makhluk yang mengetahui kapan datangnya hari kiamat, namun Nabi Muhammad telah mengabarkan jika waktunya sudah dekat. Bahkan, kini terompet tersebut sudah berada di bibir Malaikat Israfil.

Abu Sa’id ra. Mengungkapkan, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda “Bagaimana aku dapat merasakan nikmat, sebab malaikat pemegang sangkakala sudah memasukan sangkakala (ke mulutnya). Dan Ia pasti akan langsung meniup sangkakala itu, jika telah mendengar perintah untuk meniupnya,”

Para sahabat yang mendengar riwayat tersebut merasa takut, lalu Rasulullah bersabda “Ucapkanlah, Cukupkanlah Allah sebagai penolong kami, dan Dia sebaik-baiknya pelindung. Hanya kepada Allah lah kami bertawakkal (berserah diri).” (HR. Tirmidzi)

Baca Juga:



Lantas, bagaimana dengan kita yang hidup pada 1400 tahun setelah Rasulullah? Bukankah kedatangan kiamat semakin dekat lagi? Semoga, setiap hari kita bisa menambah pundi-pundi amal, sebagai bekal untuk menuju kehidupan yang kekal. Aamiin ya Robb.


loading...