Dianggap Bid'ah, Raja Salman Menolak Pukul Bedug di Masjid Istiqlal

Dianggap Bid'ah, Raja Salman Menolak Pukul Bedug di Masjid Istiqlal

author photo
Raja Salman bin Abdulazis Al Saud akan mengadakan beberapa kegiatan di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, pada Kamis (2/3/2017) pekan depan.

Dianggap Bid'ah, Raja Salman Menolak Pukul Bedug di Masjid Istiqlal
Raja Salman (Tengah)


Dua kegiatan yang dilakukan oleh Raja Salman di Masjid Istiqlal diantaranya adalah melakukan sholat sunnah setelah sholat Dzuhur dan menandatangani buku tamu sebagai kenang-kenangan.

Namun ada satu kegiatan yang tidak dilakukan oleh Raja Salman di Masjid Istiqlal. Biasanya kegiatan ini dilakukan pemimpin negara lain kala mengunjungi Masjid Istiqlal.

"Mukul bedug secara simbolis dia tidak mau karena dianggap bid'ah. Tradisi itu anti bagi mereka orang sahid (Arab)," ujar Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah Abdul Salam, kepada Tribunnews.com di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat, (24/2/2017).

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bid'ah adalah perbuatan yang dikerjakan tidak menurut contoh yang sudah ditetapkan, termasuk menambah atau mengurangi ketetapan. Arti kedua menurut KBBI adalah pembaruan ajaran Islam tanpa berpedoman pada Alquran dan hadits.

Baca Juga: Raja Salman Datang Ke Indonesia Bawa Uang 334 Triliun

Tradisi pukul bedug di Masjid Istiqlal sebelumnya pernah dilakukan oleh beberapa kepala negara diantaranya Presiden Barack Obama (2010), Menteri Pertanian dan Sumber Daya Air Australia Barnaby Joyce (2015), dan Ketua Majelis Permusyawaratan Politik Cina, Yu Zhengsheng (2015).
Next article Next Post
Previous article Previous Post