Setiap Hari Jumat, Pedagang Lontong Sayur Ini Minta Dibayar Pakai Doa



Hari Jumat bagi muslim memang hari yang memiliki banyak keutamaan. Tak heran jika di hari tersebut, umat muslim berlomba-lomba berbuat kebaikan. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh seorang penjual lontong sayur yang menjajakan dagangannya di dekat Pasar Rebo Simpang Jalan Kapten Halim Kecamatan Purwakarta Kota Kabupaten Purwakarta.

Setiap Hari Jumat, Pedagang Lontong Sayur Ini Minta Dibayar Pakai Doa
Mbah Heri gratiskan dagangannya tiap Jumat (Tri Ispranoto/Detik.com)
Di hari yang mulia tersebut, pedagang lontong sayur bernama Heri Suhendi ini membolehkan setiap orang menikmati dagangannya secara gratis. Beberapa makanan yang ditawarkannya antara lain kupat tahu, lontong sayur dan soto lontong. Di hari biasanya, makanan tersebut akan dihargai sebesar 10 ribu per porsi.

"Saya jualan sudah lama dari tahun 2006. Tapi untuk jualan gratis setiap Hari Jumat baru tiga minggu ini," ucap Heri, seperti dilansir dari Detikcom, Jumat (13/1/2016).

Pria yang akrab disapa Mbah Heri ini pun meniatkan sedekahnya tersebut untuk kedua orangtuanya yang sudah meninggal dunia.

"Saya niat ingin memberi dan berbagi saja. Saya sudah tidak punya ibu dan bapak. Insya Allah niat saya pahalanya untuk mereka," tuturnya.

Diungkapkan Mbah Heri bahwa meski di hari tersebut ia tidak memperoleh keuntungan, namun dirinya mengaku tidak merasa rugi. Bahkan ia menambahkan porsi gratisnya menjadi 150 porsi dari 120 porsi. Ia pun tidak memandang siapa saja yang makan gratis di lapaknya. Yang jelas ia hanya meminta doa tulus dari para pembeli.

"Ada pembeli yang naik mobil mau bayar saya tolak. Semuanya boleh makan secara gratis," katanya.

Tentu saja apa yang dilakukan oleh Mbah Heri sudah mendapatkan persetujuan dari pihak keluarga. Bahkan anaknya membuatkan spanduk yang bertuliskan, 'Warung Sedekah Abah Heri Makan Gratis untuk Anak Yatim Piatu, Pemulung, Tukang Sampah, Tukang Ojek, Fakir Miskin dan yang Ingin Makan Bayarnya Cukup Sama Doa Saja Setiap Hari Jumat'.

Setiap Hari Jumat, Pedagang Lontong Sayur Ini Minta Dibayar Pakai Doa
Spanduk dagangan Mbah Heri tiap Jumat (Tri Ispranoto/Detik.com)
Mbah Heri pun hanya berharap agar apa yang ia lakukan tersebut bisa terus ada setiap Jumat.

"Minta doanya saja semoga bisa terus seperti ini," ucap Heri.

Sementara itu menurut pelanggannya yang bernama Seno (38 tahun), dirinya sangat senang ada sosok penjual seperti Mbah Heri. Seno pun tak hanya datang saat Jumat, namun juga di hari-hari lainnya.

"Seneng sih sekarang setiap Jumat gratis. Saya sudah dua kali gratis. Saya biasanya beli lontong sayur hampir tiap hari. Mudah-mudahan Abah Heri rezekinya semakin berlimpah dan bisa terus berbagi," kata Seno.

Baca Juga:





Loading...