Hanya Dari Arah Inilah Setan Tak Mampu Menggoda Seorang Manusia

Diposting pada

Setan telah diciptakan oleh Allah untuk senantiasa menggoda manusia hingga tergelincir dalam dosa . Setan pun telah berjanji untuk terus menyesatkan manusia hingga berpaling dari Allah dan mengarah kepada neraka untuk menjadi temannya. Diketahui bahwa setan akan senantiasa menggoda manusia dari berbagai arah. Namun ternyata ada satu arah yang tidak dapat ditembus oleh setan.

Hanya Dari Arah Inilah Setan Tak Mampu Menggoda Seorang Manusia

Di dalam Al Qur’an surat Al Arof, setan tidak akan henti-hentinya menggoda manusia dari berbagai arah seperti depan, belakang, kanan dan kiri. Dari semua arah tersebut, manusia pun begitu mudah tergelincir dalam dosa dan maksiat.

Adapun maksud dari arah-arah tersebut, Syaikh Ibnu Muflih menjelaskan bahwa arah depan yang dimaksud adalah akhirat. Setan akan membisikkan bahwa gambaran akhirat yang terdapat dalam Al Qur’an hanyalah rekayasa dan tidak benar.

Selain itu setan akan membisikkan bahwa segala apa yang terjadi di akhirat seperti hisab, surga dan neraka adalah hal yang dibuat-buat agar manusia takut untuk melakukan maksiat. Manusia pun menjadi ragu dengan kehidupan akhirat.

Sementara itu godaan dari arah belakang maksudnya menjadikan manusia khawatir akan masalah duniawi sehingga manusia menjadi tidak bersyukur dan mendustakan semua kebesaran Allah.

Mereka yang terbujuk dalam bisikan setan ini pun akan lebih mengutamakan kepentingan dunia dibandingkan mempertahankan keimanannya. Mereka pun akan mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya lantaran merasa kehidupan dunia akan abadi.

Adapun godaan dari sebelah kiri mengandung arti bahwa setan berusaha mengajak manusia untuk melakukan dosa dan maksiat secara terus menerus dan membuatnya tanpa rasa bersalah serta sulit untuk ditinggalkan.

Sementara itu bisikan dari arah kanan membuat kebenaran terasa kabur dan manusia memandang kebenaran tersebut samar-samar.

Dari semua itu hanya arah ataslah yang tak mampu digoda oleh setan. Imam Qatadah mengatakan bahwa arah inilah yang menjadi rahmat dari Allah dan setan tak mampu mengganggu arah tersebut. Wallahu A’lam

Baca Juga:

Loading...