Dipuji Karena Sukses Membujuk Saudi Untuk Tambah Kuota Haji, Begini Kata Menag Lukman Hakim

Diposting pada

Kuota haji yang tidak sebanding dengan minat masyarakat muslim Indonesia membuat pihak pemerintah berupaya untuk bisa menambah kuota dan menghapus kebijakan Saudi yang melakukan pemotongan kuota haji pada setiap negara. Alhasil setelah melakukan berbagai bujukan, Raja Salman bin Abdulaziz akhirnya mencabut kebijakan tersebut dan membuat kuota haji Indonesia menjadi bertambah.

Dipuji Karena Sukses Membujuk Saudi Untuk Tambah Kuota Haji, Begini Kata Menag Lukman Hakim

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin pun dianggap sebagai orang yang paling berjasa dalam mempengaruhi Raja Salman sehingga mencabut pemotongan kuota tersebut.

Namun meski mendapatkan pujian, Lukman menolaknya lantaran karena yang banyak berperan dan pantas dipuji adalah Presiden Joko Widodo.


“Mpu, itu memang sepenuhnya buah dari upaya Presiden @jokowi yg menemui Raja Salman Saudi Arabia pada September 2015 lalu..” tulis Lukman di akun Twitternya, @lukmansaifuddin.

Menag Lukman Hakim mengawali cuitan tersebut dengan “Mpu” karena tengah menanggapi unggahan seorang jurnalis senior Putu Setia di akun @mpujayapreman. Dituturkan oleh Putu bahwa Menag pantas mendapatkan pujian atas keberhasilan penambahan kuota haji.

“Jangan melulu Jokowi, meski dia memang pemimpin tertinggi. Yg lebih pas dipuji adalah Menag @lukmansaifuddin yg tak kenal lelah urus ini,” tulis Putu.

Baca Juga: Alhamdulillah, Pemangkasan Kuota Selesai, Tahun 2017 Kuota Haji Indonesia 211 Ribu Jamaah

Loading...