Ritual 3 Agama Lain Yang Tanpa Disadari Dilakukan Umat Islam Saat Tahun Baru

Diposting pada

Beberapa jam lagi pergantian tahun masehi akan berganti dari tahun 2016 menuju 2017. Tidak sedikit umat Islam yang kemudian merayakan pergantian tahun tersebut. Entah karena ikut-ikutan ataupun karena ingin mengabadikan momen sekali dalam setahun tersebut, tanpa sadar umat Islam justru telah melakukan ritual 3 agama sekaligus dalam satu malam.

Ritual 3 Agama Yang Tanpa Disadari Dilakukan Umat Islam Saat Tahun Baru

Mengapa demikian? perlu diketahui bahwa meniup terompet, membunyikan lonceng ataupun menyalakan api merupakan sebuah ritual yang dilakukan oleh kaum lain untuk memanggil jemaatnya guna melaksanakan ibadah.

Yahudi akan memanggil jemaatnya menggunakan terompet. Sementara Nasrani akan membunyikan lonceng untuk memanggil jemaatnya beribadah, dan Majusi akan menggunakan api untuk memanggil jemaatnya.

Sungguh sangat mengerikan ketika umat Islam justru menggunakan ritual tersebut serentak pada pukul 00.00 waktu setempat. Dengan kata lain mereka telah melakukan syiar umat Yahudi, Nasrani maupun Majusi.

Benarlah sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam yang diungkapkan 14 abad lalu.

“Sungguh kalian akan mengikuti jejak umat-umat sebelum kalian sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta, hingga kalau mereka masuk ke lubang biawak, kalian pun akan mengikuti masuk ke dalamnya.”

Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah mereka Yahudi dan Nasrani?”


Beliau pun menjawab, “Siapa lagi kalau bukan mereka?” (HR. Bukhari dan Muslim)

Karenanya sebagai umat Islam yang ingin bersama dengan Rasulullah kelak, sudah sepatutnya bagi kita semua untuk tidak mengikuti ritual-ritual tersebut. Wallahu A’lam

Baca Juga:

Loading...