Raja Saudi Bantu Korban Perang Aleppo Senilai Rp483,6 Miliar



Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz, membantu warga Suriah yang menjadi korban perang, khususnya warga Aleppo. Ia memberikan bantuan senilai USD36 juta atau setara Rp483,6 miliar. Raja Salman memerintahkan agar bantuan ini disalurkan hari ini, Selasa (27/12/2016).

Raja Saudi Bantu Korban Perang Aleppo Senilai Rp483,6 Miliar


Adalah Saudi Press Agency (SPA), kantor berita resmi Saudi yang memberitakan perintah Raja Salman ini.

”Mengingat apa yang terjadi pada saudara-saudara kita di Suriah dan mereka yang menderita, terutama yang mengungsi dari Aleppo dan yang terdampar lainnya karena keadaan sulit serta peristiwa menyakitkan di mana mereka tinggal, Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud telah memerintahkan pelaksanaan kampanye bantuan kemanusiaan yang akan mencakup seluruh wilayah mulai besok,” demikian isi pengumuman Kerajaan Saudi.

Agar penyaluran bantuan ini lancar, pihak pusat bantuan Kemanusiaan Raja Salman akan berkoordinasi dengan beberapa LSM.

Ini bukan kali pertama bagi Raja Salman dalam memberikan bantuan untuk rakyat Suriah yang menderita korban perang. Pada Maret 2016 lalu, Raja Salman juga telah menyalurkan bantuan untuk rakyat Suriah berupa makanan dan medis.

Arab Saudi memungkinkan warga Suriah untuk bisa tinggal di wilayah Kerajaan Saudi tanpa syarat. Mereka juga diperbolehkan membawa semua keluarga dan kerabat mereka.

Tercatat sebanyak 343.150 warga Suriah telah menikmati pendidikan gratis di sekolah menengah atas dan pendidikan di universitas di Arab Saudi. Kerajaan Saudi menanggung semua biaya mereka.

Sejak krisis di Suriah pecah, lebih dari 2 juta warga Suriah tercatat telah menikmati bantuan kerajaan Arab Saudi. Semenjak 2011, Kerajaan Saudi sudah memberikan bantuan senilai USD100 juta untuk rakyat Suriah. Bahkan saat ini telah dinaikkan menjadi USD780 juta.


loading...