Ini 6 Makanan Mengerikan Dan Menyiksa Bagi Penghuni Neraka Jahanam



Sesungguhnya Allah telah menyiapkan dua tempat bagi manusia di akhirat nanti yakni surga dan neraka. Sangat beruntung mereka yang beriman dan beramal shaleh karena akan Allah masukkan ke dalam surga-Nya yang penuh dengan kenikmatan dan kebahagiaan.

Namun sangat rugilah mereka yang harus dimasukkan ke neraka lantaran enggan memenuhi perintah Allah dan melanggar larangan-Nya. Mereka akan disiksa di salah satu neraka bernama neraka jahanam, sebuah tempat yang tidak ada ampunan dan akan kekal di dalamnya.

Ini 6 Makanan Mengerikan Dan Menyiksa Bagi Penghuni Neraka Jahanam

Jangan harap bisa memperoleh nikmat berupa makanan yang enak disana, karena justru Allah sediakan para penghuni neraka jahanam dengan sejumlah makanan yang mengerikan dan menyiksa.

Makanan itu pun tak mengenyangkan ataupun menghilangkan dahaga. Yang ada justru membuat tenggorokan menjadi tersumbat dan usus menjadi terburai.

Apa saja makanan yang mengerikan bagi para penghuni neraka jahanam tersebut?

1. Pohon Zaqqum

Salah satu makanan yang Allah siapkan bagi penghuni neraka jahanam adalah pohon zaqqum, sebagaimana firman-Nya dalam Qur’an surat Al Waqiah ayat 51 hingga 53.

"Kemudian sesungguhnya kamu hai orang-orang yang sesat lagi mendustakan. Benar-benar akan memakan pohon zaqqum, dan akan memenuhi perutmu dengannya." (QS. al-Waqi'ah: 51–53).

Dalam ayat yang lain, Allah menjelaskan bagaimana bentuk pohon zaqqum tersebut dan akibatnya pada penghuni neraka.

"(Makanan surga) itulah hidangan yang lebih baik ataukah pohon zaqqum. Sesungguhnya kami menjadikan pohon zaqqum itu sebagai siksaan bagi orang-orang yang zalim. Sesungguhnya ia adalah sebatang pohon yang keluar dari dasar neraka Jahim. Mayangnya seperti kepala syaitan-syaitan. Maka sesungguhnya mereka benar-benar memakan sebagian dari buah pohon itu, maka mereka memenuhi perutnya dengan buah zaqqum itu. Kemudian sesudah makan buah pohon zaqqum itu pasti mereka mendapat minuman yang bercampur dengan air yang sangat panas. Kemudian sesungguhnya tempat kembali mereka benar-benar ke neraka Jahim." (As Shaffat: 62–68).

2. Pohon Dhari

Menu makanan lain di neraka jahanam adalah pohon Dhari, sebuah pohon dengan duri yang sangat keras. Bukannya menghilangkan lapar, makanan ini justru menyumbat tenggorokan.

Allah Ta’ala telah berfirman:

“Mereka tidak akan mendapat makanan selain dari pohon yang berduri (Dhari). Yang tidak menggemukan dan tidak pula menghilangkan lapar.” (QS. Al-Ghasiyah: 6-7).

Sementara Ali Ibnu Abu Talhah meriwayatkan dari Ibnu Abbas, Dhari artinya sebuah pohon yang berasal dari bara api.

3. Ghislin

Selain makanan, penghuni neraka jahanam juga memperoleh minuman bernama Ghislin yang dibuat dari nanah bercampur darah dan berasal dari tubuh penghuni neraka lainnya. Sungguh tidak terbayangkan betapa jijiknya minuman tersebut.

“Maka tiada seorang teman pun baginya pada hari ini, di sini. Tiada pula makanan sedikit pun (baginya) kecuali dari ghislin (nanah penghuni neraka). Tidak ada yang memakannya kecuali orang-orang yang berdosa.” (QS. Al-Haqqah: 35-37).

4. Al Hamim

Minuman lain yang diberikan kepada penghuni neraka jahanam adalah Al Hamim. Minuman yang sangat panas dan disuguhkan menggunakan besi panas yang dibengkokkan ujungnya. Sungguh tidak terbayangkan betapa sakitnya ketika minuman panas tersebut masuk ke dalam mulut dan perut hingga membuat hancur isi dalam perut.

“Mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman, (24). Selain air yang mendidih dan nanah, (25)” (QS. An-Naba’: 24-25).

5. Al Ghassaq

Disamping minuman panas, penghuni neraka juga disuguhkan minuman yang sangat dingin bernama Al Ghassaq. Bukannya menyegarkan, minuman neraka ini justru berbau menyengat lantaran dibuat dari nanah kental, sebagaimana keterangan dari Ibnu Umar.

Bahkan saking baunya, jika minuman itu diteteskan di belahan bumi barat maka bisa tercium kebusukannya hingga belahan bumi bagian timur.

6. Ash Shadid

Minuman yang dibuat dari nanah selanjutnya adalah Ash Shadid dimana mau tidak mau harus diminum oleh para penghuni neraka jahanam.

Menurut keterangan Ibnu Rajab, air nanah tersebut bisa membuat wajah menjadi hangus dan seluruh kulit kepala mengelupas.

Ash Shadid juga difirmankan Allah Ta’ala dalam Qur’an surat Ibrahim ayat 16.

“Di hadapannya ada Jahannam dan dia akan diberi minuman dengan air nanah” (Ibrahim:16)

Baca Juga:


Demikian 6 makanan mengerikan dan menyiksa bagi penghuni neraka jahanam. Semoga kita semua bisa berusaha sekuat tenaga untuk terhindar dari ancaman Allah tersebut. Aamiin



Loading...