Naudzubillah.. Inilah 10 Macam Siksaan Di Dalam Neraka




Naudzubillah.. Inilah 10 Macam Siksaan Di Dalam Neraka │ Dalam mengganjar makhlukNya, Allah telah menyiapkan dua tempat yaitu surga dan neraka. Jika di dalam surga akan dipenuhi dengan berbagai kenikmatan yang tak pernah habis, maka di neraka akan dipenuhi dengan berbagai macam siksaan yang tiada henti.

Di neraka ada banyak siksaan yang membuat jera penghuninya sehingga mereka meminta kepada Allah agar bisa kembali lagi ke dunia untuk melakukan berbagai amal shaleh. Namun hal itu tidak bisa terjadi dan manusia atau jin yang berbuat dosa harus menanggung balasan atas apa yang telah diperbuatnya selama di dunia.

Naudzubillah.. Inilah 10 Macam Siksaan Di Dalam Neraka

Apa saja siksaan Allah yang akan diterima oleh para penghuni neraka?

1. Api Neraka Yang Menghanguskan Kulit

Api di dalam neraka diciptakan untuk membakar kulit orang-orang yang kafir. Kulit merupakan bagian sensitif dan mampu menyakiti pelakunya hingga kesakitan. Bedanya, di neraka kulit yang telah hangus dibakar akan menjadi baru lagi dan kemudian terbakar lagi. Maka rasa sakit yang dirasakan tidak akan ada henti-hentinya.

“Sesungguhnya orang-orang yang kafir terhadap ayat-ayat Kami, kelak Kami akan masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain (baru), supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS An Nisa 56)

2. Air Yang Menghancurkan Isi Perut

Jenis siksaan selanjutnya di neraka adalah penyiraman hamim atau air yang sangat panas di atas kepala penghuninya. Saking panasnya, maka isi perut mereka pun akan hancur.

“Orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian-pakaian dari neraka. Disiramkan air yang sedang mendidih di atas kepala mereka. Dengan air itu, dihancurkan segala apa yang ada dalam perut mereka dan juga kulit mereka.” (QS Al Hajj 19-20)

3. Penyiksaan Pada Wajah

Wajah merupakan bagian dari tubuh yang selalu diagungkan dan dijaga sehingga Rasulullah pun melarang seseorang untuk memukul ataupun menampar wajah orang lain. Maka di neraka Allah akan menghinakan para penghuninya dengan menumpukkan adzab di wajah mereka sehingga mereka pun akan buta, tuli dan bisu.

“Dan kami akan mengumpulkan mereka pada hari kiamat (dengan menyeret mereka) pada wajah dalam keadaan buta, bisu dan tuli. Tempat kediaman mereka adalah neraka jahanam. Tiap kali nyala api jahanam itu akan padam, Kami tambah lagi bagi mereka nyalanya.” (QS Al Isra 97)

4. Diseret Diatas Muka Mereka Sendiri

Bagi orang yang kafir kepada Allah, maka di dalam neraka mereka akan mendapatkan siksaan berupa diseret diatas muka mereka sendiri.

“Sesungguhnya orang yang berdosa berada dalam kesesatan (di dunia) dan dalam neraka. (Ingatlah) pada hari mereka diseret ke neraka di atas muka mereka. (Dikatakan kepada mereka), “Rasakan sentuhan api neraka.” (QS Al Qomar 47-48)

5. Hitamnya Wajah

Siksaan berupa penghinaan pada wajah akan terus dirasakan oleh penghuni neraka sehingga mereka pun malu menampakkan wajahnya terhadap para penghuni surga.

“Pada hari ketika ada muka yang putih berseri dan ada pula muka yang hitam muram. Ada pun orang-orang yang hitam muram mukanya (kepada mereka dikatakan), “Kenapa kamu kafir sesudah kamu beriman? Karena itu, rasakanlah azab sebab kekafiranmu itu.” (QS Al Imran 106)

6. Dikelilingi Oleh Api

Di neraka, semua tempat ataupun sudut tidak lepas dari api yang menyala-nyala. Bahkan untuk tikar pun terbuat dari neraka sehingga bukan rasa nyaman yang didapat, melainkan siksaan yang tidak pernah berhenti. Hal itulah akibat dari orang yang tidak taat kepada perintah Allah sehingga kehidupan yang dijalani tidak ada kebaikan sedikit pun.

“Siapa yang melakukan kejahatan dan dibelit oleh dosa-dosa, merekalah yang menjadi ahli neraka, mereka kekal di dalamnya.” (QS Al Baqarah 81)

Beberapa ulama menyebutkan bahwa kekalnya berada di neraka hanya diperuntukkan bagi orang kafir dan musyrik saja. Sementara bagi orang muslim yang masih memiliki keimanan, maka mereka akan berada di neraka beberapa waktu dan akan dikeluarkan sebagai bentuk pengampunan dari Allah.

7. Jantung Akan Dijilat Api Neraka

Tak terbayangkan bagaimana rasanya tubuh bagian dalam dipanasi dengan jilatan api neraka yang begitu menyakitkan. Maka seperti itulah siksaan yang akan dialami oleh penghuninya dimana api akan menjalar hingga ke bagian yang terdalam sekalipun.

“Sekali-kali tidak! Sesungguhnya ia benar-benar akan dilemparkan ke dalam huthamah. Dan tahukah apa itu huthamah? (Yaitu) api Allah yang dinyalakan, yang membakar sampai ke jantung.” (QS Al Humazah 4-7)

8. Isi Perut Akan Keluar

Salah seorang penghuni neraka yang mengalami hal ini adalah Amr ibn Lahiy. Ia merupakan orang yang membuat aturan tanpa dasar agama. Maka Rasulullah melihatnya di neraka menarik isi perutnya sendiri sebagaimana sabdanya, “Saya melihat Amr ibn Amir Al Khuzai menarik isi perutnya sendiri di neraka dan ia adalah orang pertama yang memulai tradisi sa’ibah (melepas unta betina untuk makan rumput dengan bebas demi berhala).”

9. Dibelenggu, Dirantai Dan Dimartil

Kehinaan sekaligus kesakitan yang akan dirasakan oleh penghuni neraka tidak ada habis-habisnya. Allah akan mengikat orang yang berdosa dengan rantai layaknya penjahat di dunia.

“Pegangilah ia, lalu belenggulah tangannya ke lehernya. Kemudian masukkanlah dia ke dalam api neraka yang menyala-nyala. Kemudian belitlah dia dengan rantai yang panjangnya tujuh puluh hasta.” (QS Al Haqqah 30-32)

Selain dirantai, mereka pun akan dicambuk yang terbuat dari besi sehingga setiap kali mereka hendak keluar dari neraka, maka Allah mengembalikannya dalam keadaan menghinakan.

“Dan untuk mereka cambuk-cambuk dari besi (untuk menghukum mereka). Setiap kali mereka hendak keluar dari neraka lantaran kesengsaraan mereka, niscaya mereka dikembalikan ke dalamnya. (Kepada mereka dikatakan), “Rasakanlah azab yang membakar ini.” (QS Al Hajj 21-22)

10. Akan Ditemani Oleh Sesembahan Dan Setan

Para penghuni neraka akan merasa menyesal karena ternyata sesembahan dan setan yang selalu mereka ikuti pun ternyata masuk ke dalamnya. Kesedihan mereka sungguh tak terbendung karena penyesalan yang mendalam.

“Sesungguhnya kamu dan apa yang kamu sembah selain Allah adalah umpan jahanam. Kamu pasti masuk ke dalamnya. Andaikata berhala-berhala itu Tuhan, tentulah mereka tidak masuk neraka. Dan (mereka) semua kekal di dalamnya.” (QS Al Anbiya 98-99)
Baca Juga: Nama-Nama Neraka Dan Kedahsyatan Adzab Di Dalamnya
Itulah 10 siksaan yang akan diterima para penghuni neraka yang tak hanya menyakitkan namun juga menghinakan. Semoga Allah Ta’ala melindungi dan menyelamatkan kita semua dari siksa neraka yang pedih tersebut. Aamiin




loading...

close ini