Inilah 5 Manusia Berwajah Buruk Menurut Allah Dan Rasul-Nya




Wajah merupakan bagian yang dimuliakan dan salah satu cara untuk membedakan seseorang. Tak hanya soal cantik atau tampan, namun wajah juga ada yang baik dan ada yang buruk.

Rasulullah sendiri telah menjelaskan bahwa ada manusia yang berwajah buruk dan sepatutnya harus diwaspadai oleh semua umat muslim. Mengapa demikian? Karena keburukannya akan membuat musibah, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi yang lain.

Inilah 5 Manusia Berwajah Buruk Menurut Allah Dan Rasul-Nya

Berikut adalah 5 manusia berwajah buruk menurut Allah dan Rasul-Nya.

1. Manusia Bermuka Dua

Semua sepakat bahwa manusia bermuka dua amat buruk, baik dalam pandangan Allah maupun manusia. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam telah bersabda,

“Kalian akan mendapati seburuk-buruk manusia adalah orang yang bermuka dua. Dia mendatangi kelompok yang ini dengan satu wajah dan mendatangi kelompok lainnya dengan wajah lain pula.” (HR Bukhari Muslim)

Manusia semacam itu merupakan orang munafik dikarenakan tidak memiliki pendirian dalam keimanannya. Jadi ketika mereka berkumpul dengan orang shaleh, maka mereka seakan menjadi bagian dari orang shaleh tersebut. Namun ketika berkumpul dengan orang yang kafir, maka mereka pun seakan menjadi bagian dari mereka.

Secara tegas Allah mengancam bahwa manusia bermuka dua atau munafik akan dimasukkan dalam dasar neraka yang paling dalam.

2. Manusia Yang Kejahatannya Ditakuti Oleh Manusia Lain

Manusia yang berwajah buruk juga adalah mereka yang kejahatannya ditakuti oleh yang lain. Dalam suatu riwayat disebut bahwa seseorang meminta izin untuk bertemu dengan Rasulullah. Setelah melihat orang tersebut, Rasulullah kemudian berkata, “Izinkanlah ia masuk. Dia ini adalah seburuk-buruknya keturunan suatu kabilah.”

Rasulullah pun menyambutnya dengan ramah dan bahkan diiringi dengan candaan. Namun ketika orang itu pergi dan Aisyah menanyakan tentang orang tersebut, Rasulullah menjawab,

“Wahai Aisyah, sungguh manusia yang paling buruk kedudukannya di sisi Allah adalah seseorang yang ditinggalkan atau dijauhi oleh sesamanya karena mereka takut atas kejahatannya.” (HR Bukhari Muslim).

3. Manusia Yang Tidak Tersadar Oleh Ayat-Ayat Allah

Manusia yang tidak tersadar oleh ayat-ayat atau pesan Allah dalam Al Qur’an juga termasuk manusia yang buruk wajahnya. Tidak sadar disini bisa mencakup juga orang yang senantiasa membaca Al Qur’an namun tidak merenungi ataupun tidak tersentuh dengan pesan di dalamnya.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Diantara manusia yang terburuk adalah seorang pendurhaka lagi kurang ajar, yang membaca Kitab Allah namun tidak tersadarkan oleh satu pun darinya.” (HR Ahmad)

4. Manusia Yang Panjang Umur Namun Buruk Perbuatannya

Ciri atau tanda manusia yang buruk wajahnya juga terdapat dalam riwayat Tirmidzi yakni manusia yang panjang umurnya, namun hidupnya tersebut diisi dengan keburukan.

Dari Abu Bakrah, Rasulullah ditanyai oleh seseorang, “Orang seperti apakah yang paling baik?” Rasul menjawab, “Orang yang panjang umurnya dan baik amalnya.” Orang itu bertanya lagi, “Lalu orang seperti apa yang paling buruk?” Rasul menjawab, “Orang yang panjang umurnya, tapi jelek amal perbuatannya.” (HR Tirmidzi)

5. Manusia Yang Tidak Bisa Diharapkan Kebaikannya

Tanda atau sifat manusia yang berwajah buruk lainnya adalah manusia yang tidak bisa diharapkan kebaikannya. Hal ini terdapat dalam suatu riwayat dimana Rasulullah mengatakan di depan para sahabat bahwa manusia yang terbaik adalah orang yang senantiasa diharapkan kebaikannya. Sementara manusia yang buruk adalah manusia yang tidak bisa diharapkan kebaikannya.

Baca Juga:


Demikian 5 manusia berwajah buruk menurut Allah dan Rasul-Nya. Semoga kita semua tidak termasuk dari kelima orang tersebut. Aamiin






close ini