Ini 8 Kebiasaan Yang Ternyata Bisa Menolak Datangnya Rezeki




Setiap makhluk hidup yang lahir ke dunia akan Allah sertakan juga rezekinya masing-masing. Tidak akan pernah tertukar sama sekali dan sudah jelas takarannya. Namun yang harus diingat bahwa rezeki yang Allah beri bukan cuma harta, melainkan juga pasangan dan anak yang shaleh, kesehatan maupun kebahagiaan.

Semua rezeki Allah tersebut tidak dapat datang dengan sendirinya karena harus terus diusahakan lewat berikhtiar dan berdoa. Namun tanpa disadari ternyata ada kebiasaan yang justru dapat menolak datangnya rezeki. Apa saja kebiasaan tersebut?

Ini 8 Kebiasaan Yang Ternyata Bisa Menolak Datangnya Rezeki

1. Banyak Mengeluh

Mengeluh seringkali dilakukan ketika seseorang tidak mendapatkan apa yang ia inginkan atau harapkan. Meski demikian, ternyata mengeluh dapat menolak datangnya rezeki lantaran merasa tidak puas atas rezeki yang Allah berikan.

2. Matre Atau Materialistis

Selalu mengukur segala sesuatu berdasarkan materi atau uang, matre juga bisa menjadi kebiasaan yang dapat menolak rezeki. Umumnya mereka yang memiliki sifat demikian akan merendahkan orang lain yang kekayaannya jauh di bawahnya. Sementara terhadap orang yang kaya, ia akan memperlakukan dengan sebaik-baiknya.

Padahal memuliakan orang miskin bisa menjadi jalan datangnya rezeki yang cukup melimpah karena sebagian rezeki tersebut merupakan hak mereka.

Bahkan bersikap matre bisa menjerumuskan manusia pada kesyirikan lantaran mendewakan uang atau materi diatas segala-galanya.

3. Memakan Makanan Haram

Al Qur’an telah menjelaskan bahwa makanan yang haram adalah daging babi, bangkai, darah dan sesuatu yang disembelih dengan tidak menyebut nama Allah. Namun lebih jauh lagi, makanan yang haram juga merupakan akibat dari sumber yang tidak halal seperti hasil korupsi, mencuri ataupun mengambil harta yang bukan miliknya.

Dengan masuknya makanan yang haram, maka tubuh pun akan dipenuhi barang haram dan segala doanya tertolak, termasuk dalam hal rezeki.

4. Terlalu Fokus Pada Dunia

Hidup di dunia memang terkadang bisa memperdaya lantaran menawarkan kenikmatan dan lupa untuk bersyukur kepada Allah. Alhasil mereka yang sudah terlalu fokus kepada dunia akan lupa untuk menyiapkan amalan akhirat dan tanpa disadari bisa menolak datangnya rezeki yang baik dari Allah.

Sangat aneh jika kita mengharapkan datangnya rezeki dari Allah, sementara kita lupa untuk dekat dan mengingat-Nya.

5. Tidak Menjaga Kesehatan Badan

Salah satu kebiasaan saat ini yang dapat menolak datangnya rezeki adalah tidak menjaga kesehatan badan. Dengan sengaja mereka menelantarkan kesehatannya lewat malas berolahraga, makan tidak teratur, merokok atau kebiasaan buruk lainnya.

Dengan tidak menjaga kesehatan badan, sama artinya dengan tidak menjaga karunia yang Allah berikan. Padahal sangat jelas bahwa tubuh yang Allah titipkan bertujuan untuk dijadikan sebagai sarana mengabdi kepada Allah dan melakukan amal shaleh.

6. Sering Bergosip

Tidak dapat dipungkiri bahwa bergosip sudah menjadi kebiasaan di kalangan laki-laki maupun wanita saat ini. Bahkan acara gosip di televisi mencapai rating yang cukup tinggi, yang artinya banyak diminati. Ini lantaran orang sangat senang mengetahui kehidupan orang lain.

Menghabiskan waktu dengan bergosip sama artinya dengan menolak datangnya rezeki dari Allah karena waktunya terus terisi dengan menggunjingkan orang lain dan tidak produktif. Karenanya mulailah untuk menghindari kebiasaan buruk tersebut.

7. Suka Marah Atau Menggerutu

Menggerutu lantaran merasa tidak puas ataupun tidak bisa memafkan orang lain bisa menjadi pertanda tertolaknya rezeki. Ia akan lebih banyak menyalahkan orang lain atas nasib buruk yang dialaminya dibandingkan dengan mengintrospeksi diri sendiri.

Sangat jelas bahwa menggerutu ataupun suka marah sama dengan tidak menerima takdir Allah ataupun kufur nikmat. Ia pun akan merasakan datangnya rezeki sebagai sebuah masalah sehingga terus merasa tidak sesuai harapan.

8. Senang Pamer Atau Riya

Saat ini memamerkan harta atau riya sudah sering terlihat, terutama di media sosial. Dengan mudahnya mereka memperlihatkan harta kekayaan demi bisa mendapatkan pujian orang lain. Bahkan amalan seperti sedekah rela dipertontonkan demi bisa meraih pandangan sebagai seorang yang dermawan.

Padahal selain menghilangkan pahala amal shaleh, riya atau pamer juga bisa menolak datangnya rezeki. Karenanya sesegera mungkin kebiasaan tersebut harus dihindari.

Baca Juga:


Demikian 8 kebiasaan yang ternyata bisa menolak datangnya rezeki. Semoga kita semua bisa menghilangkan kebiasaan buruk tersebut dan menggantinya dengan kebiasaan yang baik serta diridhoi Allah Ta’ala.





loading...

close ini