Sunnah Rasul Yang Mudah Ini Ternyata Diakui WHO Sebagai Cara Terbaik Menjaga Kesehatan




Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam tak hanya menitipkan Al Qur’an untuk pedoman hidup manusia, namun berbagai sunnahnya yang selain berpahala jika dikerjakan juga sangat baik bagi kehidupan manusia itu sendiri.

Salah satu Sunnah Rasul yang sangat mudah dikerjakan dan baik untuk kesehatan adalah bersiwak. Meski banyak yang beranggapan bahwa bersiwak bisa diartikan dengan menyikat gigi, namun bersiwak dengan batang kayu sebagaimana Rasulullah dahulu juga dianjurkan oleh medis.

Sunnah Rasul Yang Mudah Ini Ternyata Diakui WHO Sebagai Cara Terbaik Menjaga Kesehatan

Ini karena WHO sebagai lembaga kesehatan dunia juga mengakui betapa pentingnya sunnah Nabi tersebut. Diketahui bahwa bersiwak sudah ada sejak lama dan tak hanya di negara Arab saja, melainkan negara lain pun melakukannya dengan beragam jenis batang pohon.

Umumnya masyarakat Timur Tengah menggunakan batang pohon arak (Salvadora persica) yang dipotong dengan diameter 0,1 cm hingga yang lebih dari itu. Sementara di Afrika Barat, siwak yang digunakan berbahan batang pohon limun (Citrus Aurantifolia) atau pohon jeruk (Citrus Sinesis).

Masyarakat di India juga melakukan siwak dengan kayu pohon Neem (Azadirachta Indica). Sedangkan warga kulit hitam di Amerika menggunakan akar tanaman Senna (Cassiva Vinea).

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh sejumlah dokter gigi didapatkan hasil bahwa proses penggosokan dan pengunyahan terhadap siwak akan menghasilkan getah dan silica yang baik untuk menjaga kebersihan gigi dan memutihkannya.

Tak hanya itu saja, bersiwak juga bisa membunuh mikroorganisme jahat dalam mulut.

“Bahkan pada 1986 Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pernah merekomendasikan penggunaan siwak untuk membersihkan gigi dan mulut,” ucap salah satu dokter gigi, Uziza Al Mubarak, sebagaimana dikutip Arabnews.

Sementara itu menurut Majed Al Madani yang juga seorang dokter gigi mengatakan bahwa dalam siwak terkandung zat yang setara dengan pasta gigi, namun alami tentunya. Di dalam siwak juga terdapat zat antibakteri pencegah kerusakan gigi dan mulut serta zat untuk mencegah pendarahan gusi dan kanker mulut.

Tak hanya dapat melindungi lapisan email pada gigi, siwak pun menjadi cara agar mulut tetap wangi dan segar.

Diketahui bahwa batang pohon arak yang digunakan untuk bersiwak juga memiliki manfaat lain jika direbus yakni bisa untuk mengobati gangguan pernapasan, obat kumur, melawan tumor, mengobati bisul, menunda siklus menstruasi dan penyembuhan sirosis rahim.

Baca Juga:


Begitu banyaknya manfaat dari siwak memang menjadi bukti bahwa sunnah Rasul merupakan cara terbaik untuk menjalani hidup, sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah. Wallahu A’lam