Cara Mudah Raih Pahala Ketika Bangun Tidur




KabarMakkah.Com – Bangun tidur menjadi sebuah kegiatan yang kadang diartikan berbeda oleh setiap orang. Ada yang merasa bergembira karena akan menyambut hari yang menyenangkan. Ada juga yang merasa malas untuk bangun karena terlanjur nyenyak dengan tidurnya.

Meski berbeda, namun kedua-duanya merupakan sebuah kegiatan yang menjadi keseharian tanpa ada sesuatu didalamnya. Padahal di dalam ajaran agama Islam, bangun tidur ternyata bisa berbuah pahala jika mau melakukan beberapa sunnah yang telah dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Cara Mudah Raih Pahala Ketika Bangun Tidur

Sangat beruntung bagi umat muslim karena bangun tidur saja sudah bisa menghasilkan pahala yang lumayan banyak. Ingin tahu apa saja sunnah tersebut? Ini beberapa sunnah yang bisa dilakukan saat bangun dari tidur.

1. Mengusap Bekas Tidur Di Wajah
Raih pahala ketika bangun tidur
Mengusap wajah
Banyak muslim yang melakukan hal itu dikarenakan sebuah kebiasaan. Padahal jika diniatkan karena mencontoh Rasulullah, mengusap bekas tidur di wajah dan tangan akan berbuah pahala.

Antara kebiasaan dengan sunnah, perbedaannya terletak pada niat. Meski sama-sama melakukan, tapi akan ada keuntungan yang diperoleh bagi mereka yang berada di atas sunnah, seperti yang dirangkum dalam hadist berikut:

“Rasulullah bangun pagi kemudian duduk sambil mengusap wajahnya dengan tangannya.” (HR Muslim)

2. Doa Saat Bangun Dari Tidur
pahala ketika bangun tidur
Doa bangun tidur
Banyak dari kita yang ketika bangun tidur langsung melihat handphone, ke kamar mandi atau justru kembali tidur dan segera menarik selimut. Padahal ada doa bangun tidur bagi umat muslim yang sudah dihafal oleh anak-anak TK sekalipun.

Doa bangun tidur tersebut artinya yaitu, “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah ditidurkanNya dan kepadaNya kami dibangkitkan" (HR Bukhari Muslim)

3. Melakukan Siwak
cara mudah raih pahala
Bersiwak
Siwak atau menyikat gigi selain menjadi sunnah Rasul saat bangun tidur, bersiwak juga pada intinya adalah membersihkan mulut setelah semalaman tertidur.

Jika memang memiliki siwak dari bahan kayu, sangatlah jauh lebih baik lagi. Jadi jangan hanya cuma cuci muka saja ketika berada di kamar mandi. Sikatlah mulut dan gigi sehingga saat shalat subuh akan terasa kesegarannya.

Dalam hadist mengatakan, “Adalah Rasulullah apabila bangun malam membersihkan mulutnya dengan bersiwak" (HR Bukhari Muslim)

4. Mencuci Tangan Tiga Kali
mudah raih pahala ketika bangun
Cuci tangan tiga kali
Ketika bangun, kita mungkin terbiasa mencuci tangan sekenanya saja. Itu pun sekalian dengan buang air kecil ataupun cuci muka. Padahal Rasulullah memberi kita isyarat untuk melakukan cuci tangan sebanyak tiga kali.

Keterangan tersebut didasarkan pada hadist Nabi, “Bila salah seorang diantaramu bangun tidur, maka janganlah ia menyelamkan tangannya ke dalam bejana, sebelum ia mencucinya tiga kali" (HR Bukhari Muslim)

Jadi masih mau bangun tidur seenaknya saja? Jika bangun tidur bisa berbuah pahala, kenapa harus malas-malasan?





loading...