Rendah Hati Itu Tidak Sama Dengan Rendah Diri




Jika seseorang rendah hati maka kemuliaan diri yang akan timbul. Namun jika rendah diri yang melekat dalam diri seseorang maka kehinaan dirilah yang akan muncul.

Rendah Hati Itu Tidak Sama Dengan Rendah Diri


Kita juga juga harus banyak berlajar dari ilmu padi, yang mana sifat padi ini semakin berisi semakin merunduk. Sama-sama menggunakan kata “rendah” namun memiliki makna yang sangat berbeda. Rendah hati artinya sifat bijak yang melekat pada sesorang, memposisikan dirinya dengan orang lain sama, merasa tidak lebih baik, tidak lebih mahir, tidak lebih pintar, tidak juga lebih mulia.

Setiap perilakunya senantiasa menghormati siapa pun tanpa melihat umur, jabatan maupun kedudukan, sedangkan rendah diri adalah sifat yang melekat pada diri sesorang yang mengangap dirinya lebih rendah dari orang lain, sehingga setiap saat dirundung dengan sikap malu, minder, sukar bergaul dan pesimis.

Siapa pun mutlak harus menjauhi sifat rendah diri. Mari kita percantik diri dengan sifat rendah hati agar dicintai teman, keluarga dan semua makhluk Allah.

Banyak sekali orang-orang sekarang ini yang terlupa bahwa sebenarnya apa tugas dari diri ini di ciptakan oleh Allah SWT. Ketika sifat rendah hati ini sudah tertanam maka yang perlu kita lakukan adalah menjauhi sifat sombong, karena ketika kita lupa akan sifat rendah hati ini maka kehancuran akan singgah seperti sifat sombong.

Ingatlah Sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam,

"Tidak akan masuk kedalam syurga orang yang dihatinya ada kesombongan meskipun seberat biji sawi. Lalu ada yang bertanya : sesungguhnya seseorang itu sangat senang kepada baju dan sandal yang bagus ? maka beliau berkata : sesungguhnya Allah Maha Indah dan mencintai keindahan. Sombong itu adalah menolak kebenaran dan meremehkan manusia" (HR Muslim.)