Ditantang Berdakwah Ke Pelosok Tanpa Dibayar, Begini Jawaban Ustad Yusuf Mansur




Peran ustad atau ulama begitu penting bagi perkembangan ajaran Islam di seluruh daerah, tak terkecuali di daerah yang terpelosok sekalipun. Namun pandangan masyarakat terhadap para ustadz terutama yang sudah masuk ke layar televisi saat ini sangat pesimis lantaran dianggap membutuhkan biaya yang tidak sedikit guna mendatangkannya.

Ditantang Berdakwah Ke Pelosok Tanpa Dibayar, Begini Jawaban Ustad Yusuf Mansur

Hal ini pula yang ditulis oleh seorang netizen pengguna media sosial Instagram yang menantang sejumlah Ustadz kondang untuk mau datang dan berdakwah ke pelosok tanpa dibayar sepeser pun.

Akun bernama @euis_estiasih tersebut menuturkan bahwa banyak masyarakat terutama di daerah pelosok yang membutuhkan bimbingan dari para ustadz secara langsung. Hanya saja kendalanya adalah dalam segi biaya.

“Kalau saya tanya masyarakatnya menjawab, ‘Di sini mah susah neng, apalagi untuk panggil ustadz, tidak sanggup bayar, habis mahal bayarannya,’ Saya sedih pak ustaz,” tulisnya.

Menurutnya daerah terpelosok tersebut harusnya banyak para hafidz bermunculan. Namun karena terkendala masalah permodalan, akhirnya hanya menjadi harapan saja.

“Tolong gerakkan hati ustaz-ustaz untuk mau datang ke kampung pelosok tanpa harus dibayar,” lanjutnya.

Melalui akun @yusufmansurnew, Ustadz Yusuf Mansur menjawab tantangan akun @euis_estiasih dengan memberikan solusi yang sekiranya bisa memecahkan persoalan tersebut.

Berikut jawaban Ustad Yusuf Mansur.

Ditantang Berdakwah Ke Pelosok Tanpa Dibayar, Begini Jawaban Ustad Yusuf Mansur

Sontak jawaban Ustad Yusuf Mansur pun menuai beragam komentar dari yang mendukung hingga mempertanyakan metode yang diterapkan tersebut.

Salah satunya seperti akun @sitabudhy yang berkomentar, “Terima kasih ustadz @yusufmansurnew untuk inspirasinya dalam berdakwah di pelosok-pelosok. Namun masalahnya apakah di pelosok sudah ada yang canggih bisa YouTube?”

Sementara akun @muslihahmad menyatakan bahwa kedatangan ustadz ke pelosok secara langsung memberi energi yang berbeda.

“Ya tapi tetap beda ustadz kalau streaming sama langsung. Energinya juga beda. Ya sesekali ke pelosok-pelosok kan tidak ada salahnya ustadz.”
Baca Juga: Ustad Arifin Ilham: Pendakwah Tak Pantas Meminta Tarif