Inilah 7 Masjid Tertua Dan Bersejarah Yang Ada Di Dunia




Sebagian besar umat Islam hanya mengetahui bahwa Masjidil Haram dan Masjid Nabawi saja yang menjadi masjid tertua dan memiliki nilai sejarah dalam perjalanan Islam. Ternyata ada beberapa masjid lainnya yang juga memiliki nilai sejarah dan termasuk yang awal dibangun yang perlu diketahui umat Islam.

Berikut adalah 7 masjid tertua dan bersejarah yang ada di dunia.

1. Masjid Quba

Inilah 7 Masjid Tertua Dan Bersejarah Yang Ada Di Dunia

Masjid yang berada di daerah kawasan Timur Tengah ini merupakan masjid dengan nilai sejarah yang sangat besar. Bagaimana tidak, masjid ini dibangun pertama kali oleh Rasulullah saat hendak menuju Madinah dalam perjalanan hijrahnya. Tepat pada tanggal 8 Rabiul Awal 1 Hijriyah, tempat ibadah ini pun dibangun sekitar 5 kilometer tenggara Madinah.

Bentuknya dahulu sangatlah sederhana, namun berbagai renovasi dilakukan oleh pemerintah Saudi hingga menjadi seperti sekarang. Sementara itu renovasi besar-besaran dilakukan pada tahun 1986 dan dimuat dalam buku “Sejarah Madinah Munawwarah” karya Dr Muhammad Ilyas Abdul Ghani.

2. Masjidil Haram

Inilah 7 Masjid Tertua Dan Bersejarah Yang Ada Di Dunia

Masjid yang menjadi terbesar ini merupakan tempat berkumpulnya umat muslim saat pelaksanaan ibadah haji. Terdiri dari 9 menara, masjid ini sudah mengalami beberapa renovasi serta penambahan bangunan.

Di sana pula didapati bangunan suci Ka’bah yang menjadi kiblat bagi umat Islam. Ka’bah sendiri merupakan bangunan tertua yang ada di bumi dan tetap berdiri kokoh hingga saat ini.

3. Masjid Nabawi Madinah

Inilah 7 Masjid Tertua Dan Bersejarah Yang Ada Di Dunia

Masjid yang sangat dikenal oleh umat Islam terutama jamaah haji setelah Masjidil Haram adalah Masjid Nabawi. Masjid ini merupakan masjid kedua yang dibangun oleh Rasulullah ketika beliau menetap di Madinah.

Awalnya daerah yang menjadi letak Masjid Nabawi merupakan bekas penjemuran buah kurma milik anak yatim dua bersaudara yakni Sahl dan Suhail bin Amr. Namun setelah itu Rasulullah membelinya dan membangun Masjid serta kediamannya di sana.

Kini masjid tersebut juga menjadi tempat dimakamkannya Rasulullah beserta para sahabat dan menjadi persinggahan utama kaum muslim setelah Masjidil Haram dan Masjidil Aqsa. Masjid ini juga menjadi kedua yang terbesar setelah Masjidil Haram.

4. Masjid Qiblatain Madinah

Inilah 7 Masjid Tertua Dan Bersejarah Yang Ada Di Dunia

Masjid bersejarah yang selanjutnya adalah Masjid Qiblatain yang terletak di Madinah. Dahulu masjid tersebut diperuntukkan bagi Rasulullah dalam memimpin doa. Selain itu tempat bersejarah tersebut menjadi saksi adanya pengubahan arah kiblat dari Yerussalem ke Mekkah.

Masjid Qiblatain sendiri memiliki arti masjid dengan dua kiblat. Awalnya nama masjid tersebut adalah Masjid Bani Salamah dikarenakan letaknya yang berada di bekas rumah Bani Salamah. Setelah itu barulah disepakati menjadi Masjid Qiblatain sebagai kelebihan dari masjid tersebut.

Masjid Qiblatain terletak di tepi jalan menuju Universitas Madinah dekat Istana Raja ke jurusan Wadi Aqiq.

5. Masjid Jawatha

Inilah 7 Masjid Tertua Dan Bersejarah Yang Ada Di Dunia

Masjid Jawatha atau Al Jawana terletak di desa Al Kilabiyah yakni sekitar 12 km timur laut Hofuf Al Ahsa Arab Saudi. Masjid Jawatha merupakan masjid yang pertama dibangun di kawasan Saudi bagian timur dan terlihat jelas bahwa struktur aslinya adalah reruntuhan dahulu. Meski demikian masjid ini masih tetap digunakan untuk berdoa.

Yang menarik dari Masjid ini adalah sejarah dicurinya Hajar Aswad dan tersimpan di masjid tersebut selama 22 tahun. Sebagian struktur aslinya sudah hilang dan terlihat hanya beberapa saja yang menjadi saksi berdirinya masjid tersebut sejak awal.

6. Masjid Kufa Irak

Inilah 7 Masjid Tertua Dan Bersejarah Yang Ada Di Dunia

Letaknya berada di Kufah Irak dan masuk dalam jajaran masjid yang dibangun awal tersebarnya agama Islam.

7. Masjid Uqba Tunisia

Inilah 7 Masjid Tertua Dan Bersejarah Yang Ada Di Dunia

Masjid yang tertua dan memiliki sejarah berharga juga terdapat di Tunisia yakni Masjid Uqba. Masjid ini juga disebut dengan Masjid Agung Kairouan dan menjadi ikon penting di negara tersebut.

Baca Juga:


Itulah 7 masjid tertua dan bersejarah yang ada di dunia. Semoga dapat menambah khazanah keilmuan mengenai sejarah Islam. Wallahu A’lam






close ini