Mengapa Dinamakan Masjidil Haram, Bukan Masjidil Halal?

Mengapa Dinamakan Masjidil Haram, Bukan Masjidil Halal?

Mengapa Dinamakan Masjidil Haram, Bukan Masjidil Halal?




Mungkin banyak sekali diantara pembaca KabarMakkah.Com yang sudah tahu jawaban pertanyaan diatas. 

Akan tetapi tahukah anda bahwa pengertian dan arti masjidil haram yang disebut dalam Alqur'an sesungguhnya sangat luas sekali.

Diantara maksud dan arti Masjidil Haram seperti yang diterangkan dalam Al Qur'an adalah sebagai berikut:


1. Ka'bah, Allah SWT berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 144


وَمِنْ حَيْثُ خَرَجْتَ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ وَحَيْثُ مَا كُنتُمْ فَوَلُّواْ وُجُوهَكُمْ شَطْرَهُ


Yang dimaksud masjidil haram dalam ayat diatas adalah ka'bah al musyarrafah.


2. Masjidil Haram (suatu masjid di tanah suci Makkah yang di dalamnya terdapat Ka'bah)


Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:


عَنْ جَابِرٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَاةٌ فِي مَسْجِدِي هَذَا أَفْضَلُ مِنْ أَلْفِ صَلَاةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلَّا الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ وَصَلَاةٌ فِي الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَفْضَلُ مِنْ مِائَةِ أَلْفِ صَلَاةٍ


Yang dimaksud masjidil haram dari hadits diatas adalah suatu masjid yang berada di tanah haram yang didalamnya terdapat Ka'bah. 

Kata Al Haram disini merujuk pada tanah suci Mekkah yang didalamnya dilarang untuk berbuat yang diharamkan oleh Allah SWT.


3. Semua Tempat di Mekkah Al Mukarramah, Firman Allah SWT dalam surat Al Isra'


سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ


Nabi muhammad SAW ketika ber isra' dimulai dari Masjidil Haram, dan maksud Masjidil Haram disini adalah kota Makkah itu sendiri.


Serta ayat  هم الذين كفروا وصدوكم عن المسجد الحرام والهدي معكوفا أن يبلغ محله


Ayat diatas turun karena orang orang kafir quraisy Makkah waktu itu melarang dan menahan Nabi Muhammad SAW untuk masuk kota Mekkah di suatu tempat di Mekkah yang bernama hudaibiyyah.


4.  Tanah Haram di Makkah, Allah SWT berfirman:


يا أيها الذين آمنوا إنما المشركون نجس فلا يقربوا المسجد الحرام بعد عامهم هذا وإن خفتم عيلة فسوف يغنيكم الله من فضله إن شاء إن الله عليم حكيم

Yang dimaksud dengan Masjidil Haram sesuai ayat diatas adalah Tanah Haram yang berada di Makkah Al Mukarramah. dan tidak semua tempat di Makkah adalah tanah haram, karena ada batas batas tertentu.

Demikian beberapa pengertian Masjidil Haram dan mengapa Dinamakan Masjidil Haram, Bukan Masjidil Halal, Semoga bermanfaat.
Next article Next Post
Previous article Previous Post