Begitu Detail Dan Menakjubkannya Allah Menciptakan Nyamuk




Banyak manusia yang terkadang mempertanyakan mengapa Allah membuat seekor nyamuk yang hanya menjadi mengganggu dan menularkan berbagai macam penyakit yang mematikan. Bahkan dianggap tidak berguna dan diremehkan kekuasaan-Nya lantaran menciptakan makhluk yang amat kecil.

Begitu Detail Dan Menakjubkannya Allah Menciptakan Nyamuk

Namun sebagaimana yang tercantum dalam Al Qur’an bahwa penciptaan nyamuk merupakan salah satu perwujudan kekuasaan Allah yang Maha Sempurna. Tak hanya itu saja, nyamuk yang menjadi hewan kecil itu pun hanya Allah saja yang mampu membuatnya.

Kemaha Besaran Allah tersebut kini benar-benar terlihat jelas setelah sejumlah penelitian lewat lensa mikroskop membuktikan kelengkapan yang diberikan Allah kepada seekor nyamuk.

Ketika seekor nyamuk diletakkan di bawah lensa mikroskop dan diperbesar menjadi 400 kali lipat, maka didapati bahwa terdapat 100 mata atau 50 pasang mata di kepalanya. Padahal berat nyamuk sendiri hanya 0.001 gram.

Mulut nyamuk memiliki 48 gigi yang didesain khusus. Sementara di dadanya terdapat 3 buah jantung dimana setiap jantung memiliki 2 atrium, 2 bilik jantung dan 2 katup jantung.

Adapun di bagian luar tubuhnya, nyamuk dilengkapi dengan pendeteksi panas dan melihat segala sesuatu dengan panas yang ia rasakan.

Ketika nyamuk hendak menggigit seseorang, ia akan mengambil sampel darahnya dulu dan kemudian baru menggigit. Namun sebelum masuk ke dalam tubuh nyamuk, darah yang diambil akan masuk dalam alat pencair darah dikarenakan darah manusia masih terlalu kasar.

Tak hanya itu saja, nyamuk juga dilengkapi alat pembius yang membuat seseorang tidak merasakan sakit saat diambil darahnya. Setelah beberapa detik , barulah efek pembiusan tersebut hilang dan manusia pun mulai merasakan gatal atau sakit.

Belalai nyamuk yang kecil itu sendiri memiliki 6 buah pisau dimana 4 pisau akan membuat luka segi empat. Sementara sisanya akan membentuk lubang sesuai ukuran tabung penghisap nyamuk.

Pada bagian kaki, nyamuk Allah anugerahkan cakar dan terdapat alat sejenis bekam yang dapat membuatnya menempel meskipun di tempat yang licin.

Sungguh Maha Sempurna-lah Allah sebagai Pencipta dimana makhluk yang sangat kecil menurut pandangan manusia, benar-benar dilengkapi dengan alat yang super lengkap dan canggih. Sehingga tak ada manusia pun yang mampu menyamai kuasa-Nya, meski teknologi semakin berkembang.

إِنَّ اللَّهَ لَا يَسْتَحْيِي أَنْ يَضْرِبَ مَثَلًا مَا بَعُوضَةً فَمَا فَوْقَهَا ۚ فَأَمَّا الَّذِينَ آمَنُوا فَيَعْلَمُونَ أَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَبِّهِمْ ۖ وَأَمَّا الَّذِينَ كَفَرُوا فَيَقُولُونَ مَاذَا أَرَادَ اللَّهُ بِهَٰذَا مَثَلًا ۘ يُضِلُّ بِهِ كَثِيرًا وَيَهْدِي بِهِ كَثِيرًا ۚ وَمَا يُضِلُّ بِهِ إِلَّا الْفَاسِقِينَ

"Sesungguhnya Allah tidak segan membuat perumpamaan seekor nyamuk atau yang lebih kecil dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, Maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir berkata: "Apa maksud Allah dengan perumpamaan ini?" Dengan (perumpamaan) itu banyak orang yang disesatkan Allah, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Tetapi tidak ada yang Dia sesatkan dengan (perumpamaan) itu kecuali orang-orang yang fasik" (Al Baqarah 26)

Lewat penciptaan nyamuk pula Allah menunjukkan kasih sayang-Nya kepada manusia dimana Ia menciptakan alat pembius sehingga manusia tidak merasakan sakit saat dihisap. Karena sesungguhnya manusia tidak dapat menghindar dari gigitan nyamuk, terutama di malam hari saat semua orang terlelap tidur. Wallahu A’lam

Baca Juga:







loading...