Subhanallah, Inilah Fakta Tentang Semut Yang Belum Kita Ketahui

Diposting pada

KabarMakkah.Com – Semut adalah salah satu binatang yang namanya diabadikan dalam Alqur’an, Bahkan ia juga dijadikan sebuah nama surat di dalamnya, yaitu An Naml (Artinya: Semut) karena pada ayat 18 dan 19 di surat itu menjelaskan tentang kisah pemimpin semut yang menginstruksikan anak buahnya untuk segera masuk sarang karena nabi Sulaiman as dan tentaranya akan melewati tempat itu.

Fakta Semut
Semut Merah Sedang Memangsa Seekor Lalat

Perlu anda ketahui bahwasanya semut memiliki solidaritas dan ukhuwwah yang tinggi antar sesama dan ia merupakan salah satu spesies serangga yang paling canggih di muka bumi, hampir tidak ada serangga yang sekuat semut karena ia mampu mengangkat beban sebesar 50 kali lipat dari beban tubuhnya sendiri.

Hal ini bukanlah sebuah cerita atau dongeng belaka, namun merupakan fakta yang dibuktikan dengan berbagai kejadian nyata. Seperti dilansir dari laman Daily Mail, seekor semut tertangkap kamera saat mengangkat ulat hijau yang ukurannya sangat besar. Dan Subhanallah.. Allahu Akbar.. semut itu mampu mengangkatnya hanya dengan menggunakan rahangnya.

Fakta Tentang Semut
Image Courtesy Of Daily Mail

Foto kejadian tentang semut diatas diambil oleh Frenki Jung. Ia memotretnya di kebun belakang rumahnya daerah Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia. Terlihat semut yang ukuran panjang tubuhnya hanya sekitar 1 cm itu sangat mudah mengangkat ulat dengan
panjang sekitar 5 cm.

Selain dari fakta diatas, masih banyak fakta-fakta lain yang perlu kita ketahui, seperti dibawah ini:

1. Semut Lebih Pintar Dari Apa Yang Anda Pikirkan

Semut merupakan serangga yang otaknya paling besar proporsinya jika dibandingkan dengan keseluruhan tubuhnya. Mereka memiliki sekitar 250.000 sel otak di kepalanya. Tak salah jika semut disebut sebagai spesies yang paling cerdas di antara serangga-serangga lainnya.

2. Semut Sangat Ahli Dalam Bidang Pertanian

Sebelum manusia mengetahui tentang ilmu berkebun dan bercocok tanam, semut telah memulai bercocok tanam 50 juta tahun lebih dulu. Ia menggunakan teknik hortikultura yang sangat canggih untuk meningkatkan hasil panen mereka.

3. Semut Merupakan Ahli Strategi Perang

Demi mempertahankan wilayahnya. Semut kadang suka “bertarung” dan “berperang” antara satu dengan yang lain, dan peperangan ini bisa berlanjut selama beberapa jam, hari bahkan minggu.

Pertempuran yang paling besar dalam spesies ini adalah antara superkoloni semut Argentina yang menyebabkan jatuhnya jutaan korban semut yang tewas dalam sehari saja.

Berbeda dengan semut Amazon, mereka adalah jenis semut yang suka “memperbudak” semut lain untuk dijadikan pekerja. Mereka mendapatkan budak dari hasil invasi ke sarang semut lainnya. Sebelum menyerang mereka akan mengobservasi sarang lawan. Setelah dua hari, biasanya semut amazon akan menyerang, dan mereka akan menaklukkan lawannya yang rata-rata telah panik dan tidak terorganisir sama sekali. Setelah itu budak pun akan didapat.

4. Umur Semut Hanya Beberapa Bulan Berbeda dengan Ratunya

Semut “pekerja” hanya mampu bertahan hidup sekitar 45 – 60 hari, sedangkan sang ratu semut bisa hidup hingga berumur 20 tahun. Dan ketika sang ratu mati, koloni semut tersebut hanya bisa bertahan beberapa bulan.

5. Kasta dalam Dunia Semut

Ratu semut biasanya berukuran lebih besar daripada budaknya. Ia memiliki thorax dan abdomen yang lebih besar daripada pekerjanya. sang ratu bisa hidup selama 20 tahun dan mampu memproduksi ribuan telur dalam hidupnya. Semut jantan biasanya memiliki tubuh yang kecil. Tugas mereka hanya satu, yaitu membuahi sang ratu saat ritual perkawinan. Dan akan mati setelah beberapa hari.

Semut pekerja bertugas untuk mencari makan, merawat bayi, membangun sarang dan menjaga koloni. Sedangkan semut tentara biasanya  memiliki kepala yang besar. Mereka bertugas untuk menjaga sarang mereka dari gangguan musuh

Subhanallah.. Allahu Akbar.. mungkin kalimat itulah yang pantas terucap dari bibir kita setelah mengetahui fakta-fakta yang mengagumkan dari seekor “semut”. terlepas dari itu, kita harus banyak merenungi dan memikirkan ayat-ayat kauniyah yang disebar oleh Allah SWT baik di seluruh muka bumi maupun di penjuru langit.

Loading...