Masih Renovasi, Begini Penampakan Terbaru Masjidil Haram




Menjelang musim haji 2016, proyek perluasan Masjidil Haram masih berjalan. Namun hal tersebut tak mengurangi antusiasme kaum muslimin untuk melakukan ibadah haji maupun umroh.

Pantauan Kabarmakkah.com sekitar pukul 01.00 waktu Makkah Arab Saudi, Kamis (11/8/2016), suasana di Masjidil Haram masih terbilang sepi. Jumlah jamaah yang melakukan umroh dan tawaf sunnah tak sampai memenuhi seluruh area masjid.

Masih Renovasi, Begini Penampakan Terbaru Masjidil Haram


Menjelang sholat Subuh, suasana Masjidil Haram semakin ramai. Banyak jamaah dari berbagai negara terlihat disana, termasuk sejumlah petugas haji dari Indonesia, mereka melakukan ibadah umrah, mengikuti sholat subuh berjamaah, membaca Al Quran dan ibadah lainnya.

Penampakan Terbaru Masjidil Haram


Di sekeliling Masjidil Haram, terlihat jelas beberapa pekerja proyek perluasan masjid masih sibuk bekerja. Ada beberapa titik masjid yang ditutup karena renovasi dan dijaga beberapa askar.

 Masjidil Haram


Untuk area di luar masjid, sejumlah crane juga masih terlihat beroperasi. Sedikitnya ada 5 crane raksasa yang menunjang aktivitas para pekerja.

Masjidil Haram


Proyek perluasan Masjidil Haram sudah berjalan sejak tahun 2013. Sejak itu pula, kuota jamaah haji di setiap negara dikurangi 20 persen karena ada penyempitan area selama renovasi.

Masjidil Haram 2016


Akibatnya jamaah haji Indonesia yang sebelumnya berjumlah 211 ribu orang kini hanya 168.800 orang setelah dikurangi 20 persen. Kondisi ini membuat beberapa jamaah harus menunggu lebih lama untuk bisa berangkat ke Tanah Suci.

Masjidil Haram 2016


Perluasan Masjidil Haram diperkirakan akan rampung tahun depan.




loading...