Temukan Banyak Uang Dan Mengembalikannya, Kejujuran 5 Petugas Kebersihan Ini Patut Diacungi Jempol




Temukan Banyak Uang Dan Mengembalikannya, Kejujuran 5 Petugas Kebersihan Ini Patut Diacungi Jempol

Temukan Uang Banyak Dan Mengembalikannya, Kejujuran 5 Petugas Kebersihan Ini Patut Diacungi Jempol

Siapa bilang kejujuran telah hilang di negeri ini? Pasalnya 5 orang petugas kebersihan ini patut diacungi jempol karena ketika menemukan sejumlah uang yang sangat banyak, mereka langsung mengembalikannya tanpa sedikit pun niat untuk mengambil demi kepentingan pribadi. Padahal kehidupan mereka sebenarnya membutuhkan uang tersebut sehingga kejujuran mereka patut kita contoh.

Berikut adalah 5 petugas kebersihan yang jujur tersebut.

1. Office Boy Bank Syariah Mandiri

Seorang petugas kebersihan bernama Agus Chaerudin ini menemukan uang sejumlah 100 juta di balik tempat sampah kantor tempat ia bekerja. Kejadian tersebut terjadi pada bulan Ramadhan 2012 lalu dimana Agus menemukannya setelah membereskan ruangan kantor sebelum pulang ke rumah.

Saat itu Agus menemukan 10 bundel pecahan Rp 100 ribu di dalam tempat sampah. Karena sikap jujurnya, ia pun segera memberitahu satpam kantor dan satpam pun segera melaporkannya kepada staff bank.

Setelah dihitung ternyata jumlah keseluruhannya adalah 100 juta dan semuanya merupakan uang milik bank yang tercecer karena kekurang hati-hatian petugas teller. Atas kejujurannya tersebut, Agus pun mendapatkan piagam penghargaan dan bonus uang 1,75 juta.

2. Petugas Kebersihan Mall Kota Kasablanka

Uang dalam jumlah banyak tak hanya ditemukan di bank saja, namun di Mall pun hal tersebut bisa terjadi. Seperti yang ditemukan oleh petugas kebersihan bernama Mulyadi yang menemukan uang 100 juta di sebuah toilet.

Pria yang bekerja di Mall Kota Kasablanka, Jakarta ini lebih memilih untuk mengembalikannya kepada pihak manajemen. Atas sikapnya yang jujur tersebut, ia mendapat kesempatan untuk makan malam bersama dengan para petinggi manajemen Mall.

3. Petugas Kebersihan Paragon Hotel & Residence, Solo

Kesederhanaan hidup tidak lantas menghapus kejujuran yang ada dalam benak manusia. Seperti itu juga yang dilakukan oleh Wanto yang menemukan satu tas berisi sekitar 190 juta milik pengunjung hotel yang tertinggal. Wanto pun mendapatkan penghargaan dari pihak manajemen atas perbuatannya tersebut.

Kejadian tersebut bermula ketika dirinya membersihkan lantai resto yang menjadi rutinitasnya. Namun hari itu ia melihat sebuah tas yang tergeletak di meja dan setelah ditunggu selama setengah jam, tak ada satu pun yang mengambil tas tersebut.

Karena tidak ada pemilik yang datang kembali, Wanto pun mengamankannya dan diserahkan kepada petugas keamanan.

Setelah cukup lama berselang, barulah ada seorang pria yang agak tua dan tengah mencari tas miliknya. Wanto pun menanyakan tentang isi dari tas tersebut beserta ciri-cirinya. Dan jawaban pria tersebut semuanya benar sehingga Wanto mengembalikan tas tersebut kepada pemiliknya.

4. Karyawan Walmart

Di negara Amerika pun terdapat salah seorang karyawan Walmart yang menemukan amplop berisi uang 200 juta ketika dirinya tengah mengumpulkan troli di tempat parkir. Karyawan bernama Bismark Mensah ini pun segera mengejar pemiliknya yang tidak sadar bahwa amplop tersebut jatuh dari tas mereka.

Ternyata pemiliknya merupakan seorang yang mendapat bayaran atas penjualan rumah dan sebagai tanda terima kasih, mereka pun memberi hadiah kepda Mensah. Akan tetapi ia menolaknya karena memang itu adalah kewajibannya.

5. Petugas Kebersihan Bioskop

Petugas kebersihan bernama Christopher Montgomery adalah seorang petugas kebersihan bioskop yang setiap hari membersihkan kursi penonton. Suatu hari ia menemukan dompet yang berisikan 240 juta di kursi bioskop tersebut.

Sikap jujurnya menghantarkan Christopher untuk mengembalikan dompet tersebut lewat pihak manajemen. Setelah ditelusuri, ternyata dompet tersebut milik seorang pebisnis kecil yang tidak menyadari bahwa dompetnya jatuh saat menonton dan berencana menyimpannya di bank.

Atas tindakannya tersebut, petugas kebersihan ini pun diberi hadiah dari sang pemilik namun ia tolak.
Baca Juga: Hanya Bermodal ‘Kejujuran’ Sopir Taksi Ini Akhirnya Diundang Allah Ke Tanah Suci
Sungguh sebuah sikap yang harus kita tiru dalam keseharian. Yakinlah bahwa Allah tidak akan menyia-nyiakan kebaikan dan kejujuran yang telah kita lakukan. Wallahu A’lam