Siswa SMA Ini Ciptakan Sajadah Cerdas Yang Bisa Menghitung Rakaat




Siswa SMA Ini Ciptakan Sajadah Cerdas Yang Bisa Menghitung Rakaat
Ilustrasi (Foto: Pojok Sulsel)
Siswa SMA Ini Ciptakan Sajadah Cerdas Yang Bisa Menghitung Rakaat

Sesungguhnya manusia diberi akal kecerdasan tak hanya untuk memudahkan kepentingan dunia semata, namun juga mempermudah permasalahan yang sering terjadi dalam ibadah. Contohnya saja seperti permasalahan lupa rakaat shalat yang seringkali menimpa setiap orang, baik muda maupun lanjut usia.

Kini permasalahan tersebut telah ditemukan solusinya oleh tiga orang siswa SMAN 2 Cirebon yang menghasilkan karya bermanfaat bagi umat islam. Mereka diantara Ready Kresna Nanda Suprapto, Muhammad Naufal Hawari dan Satrio Budi Prakoso yang berhasil menciptakan sebuah sajadah yang mampu mengingatkan jumlah rakaat shalat.

Sajadah cerdas tersebut tujuan awalnya untuk membantu umat islam yang telah lanjut usia dimana seringkali lupa rakaat ketika shalat dikarenakan umur dan daya ingat yang kurang.

Dilansir dari Pojok Sulsel, produk sajadah cerdas tersebut mereka namakan “Sembayang” atau “Smart Sajadah Penghitung Rakaat”. Karya anak-anak muda berbakat tersebut ini kini tengah dilombakan dalam ajang Iconic 2016 atau Intrumentation and Control National Competition yang diadakan di Institut Teknologi Bandung.

Siswa SMA Ini Ciptakan Sajadah Cerdas Yang Bisa Menghitung Rakaat
Foto: Pojok Sulsel
Salah seorang penciptanya, Kresna menuturkan bahwa teknologi yang disematkan dalam sajadah cerdas tersebut antara lain pressure sensor mat, microcontroller, 7 segmen, LCD, Monochrome dan 400 MHz module.

“Dengan alat ini shalat anda akan jadi lebih sempurna, karena sajadah ini mampu menghitung rakaat anda dengan akurat,” ucap Kresna.

Ia dan kedua kawannya pun meminta dukungan masyarakat untuk bisa memenangkan kompetisi tersebut sehingga nantinya bisa diperbanyak demi kepentingan masyarakat muslim yang membutuhkan.

Baca Juga:





loading...

close ini