Pengungsi Suriah Ini Kembalikan Uang 2 Milyar Dari Lemari Sumbangan Lembaga Amal




Pengungsi Suriah Ini Kembalikan Uang 2 Milyar Dari Lemari Sumbangan Lembaga Amal

Pengungsi Suriah Ini Kembalikan Uang 200 Juta Dari Lemari Sumbangan Lembaga Amal

Kondisi kekurangan tidak menjadikan seorang muslim untuk bersikap jauh dari norma agama dan susila. Itu juga yang dilakukan oleh seorang pemuda yang merupakan salah seorang pengungsi Suriah.

Setelah bisa tinggal sementara di Jerman, ia pun mendapatkan sejumlah fasilitas yang diberikan oleh lembaga amal dan salah satunya adalah sebuah lemari. Namun setelah dibuka ternyata pengungsi Suriah bernama Muhammad M (25 tahun) ini justru menemukan tumpukan uang sebanyak 150 ribu euro atau setara dengan 2 milyar rupiah.

Meski merasa bahwa ia pun membutuhkan uang tersebut dan tidak ada yang mengetahuinya, namun identitasnya sebagai seorang muslim patut diacungi jempol. Dengan segera ia mendatangi lembaga amal tersebut dan menyerahkannya tanpa sedikitpun ia kurangi.

Muhammad pun menceritakan bagaimana ia bisa mendapatkan uang sebanyak itu dari dalam lemari pemberian badan amal yang telah memberikannya fasilitas.

Tak hanya mendapatkan pujian dari lembaga amal, pihak kepolisian pun kagum dengan akhlak sang pemuda.

“Pemuda ini telah melakukan perbuatan teladan dan pantas mendapatkan apresiasi,” ucap polisi Jerman.

“Orang sering melaporkan sejumlah kecil uang yang mereka temukan ke polisi, tetapi jumlah yang dilaporkan ini besar, benar-benar luar biasa.” tambahnya

Sebelumnya ia memang terlebih dahulu melapor ke kepolisian sehingga hal ini pun menjadi pemberitaan yang menyebar ke segala penjuru Jerman.

Muhammad mengatakan bahwa bisa saja ia membawa kedua saudaranya ke Jerman dengan uang sebanyak itu, akan tetapi dirinya sadar bahwa Allah tidak menyukai hal tersebut.

“Tapi Allah tidak akan pernah membiarkan hal itu, membiayai kepentingan anda sendiri dengan milik orang lain.”

Pihak kepolisian pun berusaha mencari tahu siapa pemilik dari lemari itu karena tidak adanya catatan dari lembaga amal yang menjadi fasilitator dari berbagai bantuan untuk pengungsi Suriah tersebut.

Meskipun demikian, Muhammad berhak mendapatkan 3% dari hasil penemuannya, sebagaimana aturan yang berlaku di negara Jerman.

Baca Juga:


Semoga semakin banyak umat islam yang bersikap jujur meski kondisi hidupnya memprihatikannya. Karena itulah akhlak Rasulullah yang patut diteladani oleh setiap muslim dan menjadikan islam berjaya. Wallahu A’lam





close ini