Hasil Sidang Isbat 2016: Hilal Sudah Terlihat, 1 Ramadhan Jatuh Pada Hari Senin 6 Juni 2016




Hasil Sidang Isbat 2016 untuk menentukan 1 Ramadhan 2016 M / 1437 H yang digelar di kantor Kementerian Agama RI sore ini dan diikuti sejumlah ulama, kyai, tokoh ormas dan perwakilan duta besar telah menetapkan bahwa hilal sudah terlihat di 93 titik.

Hasil Sidang Isbat 2016: Hilal Sudah Terlihat, 1 Ramadhan Jatuh Pada Hari Senin 6 Juni 2016


Oleh karena itu, Pemerintah dalam hal ini adalah Kementrian Agama (Kemenag) telah menetapkan bahwa Awal Ramadhan 2016 jatuh pada hari Senin 6 Juni 2016. Oleh karena itu, Kaum muslimin di Indonesia sudah bisa melakukan shalat tarawih malam ini dan beribadah Puasa Ramadhan di hari Senin besok.

"Dari hisab dan laporan petugas melihat hilal, seluruh peserta sidang isbat menyepakati pada malam hari ini kita sudah masuk Ramadan. Secara mufakat disepakati awal puasa tahun 2016 / 1437 Hijriah akan dimulai besok hari Senin 6 Juni 2016," terang Menag Lukman dalam jumpa pers di Kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (5/6/2016).

Keputusan ini diambil setelah ahli dari Planetarium Jakarta memaparkan bermacam-macam posisi hilal. Menurut Lukman, Semua laporan dari 93 petugas dari 93 titik menyatakan hilal sudah positif terlihat.

Sidang Isbat 2016 ini digelar tertutup oleh pemerintah agar tidak memunculkan salah paham di kalangan masyarakat awam.

Menurut Menag Lukman, karena hal terpenting yang dibutuhkan masyarakat adalah Hasil dari Isdang Isbat, bukan proses perdebatannya. Jadi, kata Lukman, lebih baik untuk membiarkan suasana perdebatan sidang Isbat menjadi panggung tersendiri bagi para Kyai dan Ulama yang hadir.

Baca Juga:




"Perdebatan dalam sidang isbat awal Ramadhan bukan konsumsi publik. Perdebatan para ahli, kalau dikonsumsi masyarakat umum dikhawatirkan berpotensi memunculkan salah paham publik," pungkas Lukman.






loading...