Nama-Nama Surat Dalam Al Qur’an. Siapakah Yang Menamainya?




Nama-Nama Surat Dalam Al Qur’an. Siapakah Yang Menamainya? │ Banyak dari umat Islam yang seringkali ingin mengetahui segala hal yang berhubungan dengan agama islam dimana salah satunya adalah penamaan surat dalam Al Qur’an. Ini karena terkadang nama surat diambil dari awal ayat atau juga kisah yang terdapat di dalamnya.

Dalam menjawab siapakah yang menamai setiap surat dalam Al Qur’an, para ulama memiliki perbedaan pendapat. Sebagian dari mereka menyebutkan bahwa Rasulullah yang menamainya. Sementara ulama yang lain meyakini bahwa penamaan surat dalam Al Qur’an merupakan ijtihad para sahabat.

Nama-Nama Surat Dalam Al Qur’an. Siapakah Yang Menamainya?

1. Rasulullah Yang Menamakan Surat-Surat

Keterangan yang menyatakan bahwa Rasulullah yang telah menamakan surat dalam Al Qur’an adalah perkataan Imam Ibnu Jarir At Thabari.

“Semua surat-surat dalam Al Qur’an memiliki nama yang diberikan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.” (Jami al Bayan fi Tawil Qur’an)

Syaikh Sulaiman al Bajirami menyatakan kesamaan pendapat yang disetujui oleh para jumhur ulama tersebut.

Nama-nama surat berdasarkan petujuk Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Karena nama surat, urutan surat dan urutan ayat-ayat semuanya berdasarkan petunjuk Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam atas bimbingan Jibril ‘Alaihi Salam bahwa sistematika Al Qur’an di Lauhul Mahfudz adalah seperti itu.” (Tuhfah al Habib ‘ala Syarb Al Khatib)

2. Berdasarkan Ijtihad Para Sahabat

Sementara ulama yang lain menyatakan bhwa penamaan surat dalam Al Qur’an tidak semuanya berasal dari Nabi Muhammad, melainkan didasarkan pula pada ijtihad para sahabat.

“Kami tidak mengetahui adanya dalil dari Rasulullah shallallahu ‘Alaihi Wasallam yang menunjukkan bahwa beliau memberi nama seluruh surat. Hanya saja terdapat beberapa hadist shahih yang menyebutkan nama beberapa surat dari Rasulullah seperti Al Baqarah atau Ali Imran. Sedangkan surat yang lainnya, terutama yang lebih dekat masanya yaitu berdasarkan ijtihad para sahabat.” (Fatwa Lajnah Daimah)

Inilah pendapat yang dinilai kuat oleh Dr Munirah ad Dausiri dalam kitabnya yang berjudul Asma Suwar Al Qur’an Al Karim wa Fadhailuha.

Baca Juga:


Demikian jawaban mengenai siapa yang telah memberi nama surat-surat Al Quran. Semoga kita terus memiliki rasa penasaran terhadap Kitabullah tersebut agar bisa semakin menggali ilmu kebenarannya.





loading...