Lakukan Puasa Dengan Benar, Dua Hal Ini Akan ’Berebut’ Memberi Syafaat




Lakukan Puasa Dengan Benar, Dua Hal Ini Akan ’Berebut’ Memberi Syafaat

Lakukan Puasa Dengan Benar, Dua Hal Ini Akan ’Berebut’ Memberi Syafaat

Ramadhan yang penuh berkah sebentar lagi akan datang dan amalan puasa di bulan tersebut sangatlah besar. Ketahuilah bahwa bagi umat islam yang melaksanakan puasa dengan benar di bulan Ramadhan ataupun di bulan lainnya akan mendapatkan keutamaan yakni salah satunya mendapatkan 2 syafaat sekaligus.

Apakah dua syafaat tersebut? Tak lain keduanya adalah syafaat puasa dan syafaat Al Qur’an. Dikatakan bahwa kedua-duanya berlomba untuk memberikan syafaat kepada manusia yang mau bersungguh-sungguh dalam menjalani puasanya.

Dalam suatu hadist, Rasulullah Shallallahu ’Alaihi Wasallam bersabda,

“Puasa dan Al Qur’an itu akan memberikan syafaat kepada hamba kelak pada hari kiamat. Puasa akan berkata, “Wahai Tuhanku, saya telah menahannya dari makan dan n4fsu syahw4t di siang hari, maka perkenankanlah aku untuk memberikan syafaat kepadanya” Dan Al Qur’an juga berkata, “Saya telah melarangnya dari tidur pada malam hari, maka perkenankanlah aku untuk memberi syafaat kepadanya.” Beliau bersabda, “Maka syafaat keduanya diperkenankan.” (HR Ahmad, Hakim dan Thabrani)

Maka alangkah bahagia ketika di saat kiamat yang penuh dengan kecemasan, datang dua buah syafaat yang mendapat izin allah untuk menyelamatkan seorang hamba. Sangat penting bahwa semua syafaat mendapatkan izin Allah karena semua syafaat kepunyaan Allah dan tak ada yang bisa memberi syafaat tanpa izinNya.

“Katakanlah: Hanya kepunyaan Allah syafaat itu semuanya. MilikNya kerajaan langit dan bumi. Kemudian kepadaNya kamu dikembalikan.” (QS Az Zumar 44)

Sangat beruntung orang beriman yang mau melaksanakan puasa dengan benar dan bersungguh-sungguh karena dua hal berlomba-lomba untuk memberikan syafaat kepadanya. Tentunya puasa yang benar tersebut mencakup niat yang ikhlas karena Allah, menghindari sesuatu yang membatalkan puasa maupun pahalanya. Tak lupa di malam harinya, ia isi dengan bertilawah membaca Al Qur’an sebagai bentuk rasa syukur.

Sangat luar biasa keutamaan yang didapatkan oleh hamba tersebut karena ia telah mampu menjaga siang hari dengan berpuasa dan terjaga di malam hari dengan mentadaburi kalam Allah. Tak salah jika Allah memberikan syafaat lewat puasa dan Al Qur’an.

Baca Juga:


Semoga kita semua bisa melaksanakan puasa dengan benar, terutama di bulan Ramadhan agar memperoleh pahala yang berlipat dan syafaat atas izin Allah. Aamiin

Wallahu A’lam





loading...

close ini