3 Panggilan Allah Yang Wajib Dipenuhi Seorang Hamba




3 Panggilan Allah Yang Wajib Dipenuhi Seorang Hamba │ Sesungguhnya Selama hidup manusia, Allah akan memanggil mereka sebagai bentuk kasih sayang yang tak terhingga. Hanya saja terkadang manusia enggan memenuhinya dengan berbagai alasan yang sebenarnya tidak lebih penting dari seruanNya.

Meskipun begitu, diantara panggilan Allah tersebut, ada satu panggilan yang manusia tak mampu lagi mengelak. Sebuah panggilan yang sejatinya akan dirasakan oleh seluruh makhluk yang ada di muka bumi ini. Apa saja panggilan Allah tersebut?

3 Panggilan Allah Yang Wajib Dipenuhi Seorang Hamba

1. Panggilan Shalat

Panggilan sebagai bentuk kasih sayang Allah ini senantiasa dikumandangkan setiap lima kali dalam sehari. Bahkan kini panggilan ini terus menggema di berbagai tempat dan tak pernah putus melingkupi setiap penjuru dunia. Panggilan ini seakan menjadi sebuah pelindung kelangsungan hidup manusia karena terus berotasi seperti layaknya bumi.

Salah seorang sahabat Rasulullah yakni Ibnu Abbas bahkan senantiasa menangis ketika mendengar panggilan adzan. Tetesan air matanya terus mengalir seiring berkumandangnya suara muadzin. Ketika ditanya kepadanya mengenai keadaannya tersebut, ia menjawab, “Seandainya semua orang tahu makna seruan muadzin itu, pasti tidak akan dapat beristirahat dan tidak akan dapat tidur nyenyak."

Itulah panggilan yang mengajak manusia untuk segera mengistirahatkan tubuhnya dari kehidupan duniawi dan segera menuju keuntungan yang hakiki.

2. Panggilan Haji

Sesungguhnya Allah telah menyeru kepada hambaNya yang mampu untuk bisa melaksanakan sebuah ibadah yang menjadi penyempurna rukun islam yakni ibadah haji.

“Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh.” (QS Al Hajj 27)

Karena firman Allah inilah, maka mereka yang menunaikan ibadah haji mengucapkan kalimat talbiyah yang artinya, “Aku penuhi seruanMu, Ya Allah, aku penuhi. Aku penuhi panggilanMu, tiada sekutu bagiMu, aku penuhi panggilanMu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan kekuasaan hanyalah milikMu semata, tiada sekutu bagiMu.”

3. Panggilan Kematian

Jika manusia mampu menunda panggilan Allah berupa adzan dan ibadah haji, maka panggilan yang berupa kematian tak mampu ditunda-tunda. Ia harus mau memenuhinya suka atau tidak. Tidak ada yang mampu menghalangi panggilan Allah ini meski hanya sedetik.

“Dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila datang waktu kematiannya. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS Al Munafiqun 11)

Demikianlah 3 panggilan Allah yang akan dialami hamba-hambaNya. Selain itu ada juga panggilan Allah untuk berjihad, panggilan untuk berbuat baik dan yang lainnya.

Baca Juga:


Oleh karena itu penuhilah semua panggilan Allah dengan sekuat tenaga sebelum datang panggilanNya yang terakhir yaitu panggilan kematian.

Wallahu A’lam




loading...

close ini