10 Nasehat Imam Ahmad Untuk Para Calon Suami Agar Bisa Beruntung Dalam Rumah Tangga




10 Nasehat Imam Ahmad Untuk Para Calon Suami Agar Bisa Beruntung Dalam Rumah Tangga

10 Nasehat Imam Ahmad Untuk Para Calon Suami Agar Bisa Beruntung Dalam Rumah Tangga

Salah satu imam madzhab yang dikenal oleh masyarakat muslim adalah Imam Ahmad bin Hanbal Radhiyallahu ‘Anhu. Tak hanya memberikan pendapat atau ijtihad yang berkaitan dengan hukum agama ataupun fiqih, namun Imam Ahmad juga pernah memberikan nasehat pernikahan kepada anak laki-lakinya.

Nasehat tersebut sesungguhnya bisa diterapkan oleh para calon suami lainnya yang ingin bisa beruntung dalam berumah tangga

Imam Ahmad mengatakan, “Anakku sayang, kamu tidak akan mencapai keberuntungan di rumah tangga kecuali dengan 10 karakteristik suami yang kamu tunjukkan kepada istrimu.”

Apa saja 10 karakter tersebut?

1. Wanita merupakan sosok yang senang mendapatkan perhatian. Maka perbanyaklah memberi pujian ataupun ungkapan cinta kepadanya. Janganlah pelit untuk memberikan ucapan yang jelas. Jika perlu ekspresikan ungkapan cinta tersebut setiap hari agar istri bahagia.

2. Hilangkan penghalang berupa kekakuan dalam berkomunikasi dengan istri. Berikanlah perhatian baik dalam sikap maupun kata-kata sehingga seorang istri merasa istimewa.

3. Seorang wanita sangat membenci sikap posesif atau cemburu yang berlebihan dan menyukai sikap suami yang lemah lembut. Maka berinteraksilah dengan kelembutan terhadap seorang istri agar rasa cinta semakin tumbuh dan tentunya membuat ketenangan dalam pikiran serta jiwa.

4. Tampillah menyenangkan di depan istri. Seorang istri akan sangat senang dengan suami yang memiliki kepribadian yang baik, kebersihan yang terjaga serta penampilan yang menyenangkan.

5. Meskipun seorang istri adalah manager dalam rumah tangga, namun dalam prakteknya suamilah yang memiliki kedaulatan terbesar untuk mengatur segala yang ada di rumah. Oleh karenanya bijaklah dalam menentukan suatu sikap dan jangan egois. Jauh lebih baik jika saling mengingatkan satu sama lain dengan cara yang baik.

6. Jangan menyuruh seorang istri memilih antara suami atau keluarganya karena sesungguhnya istri ingin mencintai suaminya dengan penuh, namun tak ingin juga kehilangan keluarganya. Boleh jadi di depan ia akan memilih suami, namun dalam hatinya ia begitu cemas sehingga lambat laun sikap ini justru akan menjadi boomerang bagi seorang suami.

7. Wanita tercipta dari tulang rusuk suaminya. Maka dengan kata lain seorang suami jangan bersikap keras ketika istrinya membuat kesalahan karena perasaannya sangat sensitif. Sehingga bukannya menjadi solusi namun justru masalah semakin bertambah besar.

8. Terkadang seorang istri lupa untuk bersyukur dan melihat kebaikan suami. Hal itu akan menjadi sebuah permasalahan bagi suami karena usahanya tidak diperhatikan oleh sang istri. Meskipun begitu jangan menghindar atau lari dari sikap istri tersebut, namun jauh lebih baik melihat sisi baik sang istri sehingga tercipta keseimbangan dalam memandang peranannya.

9. Seorang istri adakalanya mengalami kondisi dimana tubuh dan pikirannya begitu lelah. Karenanya suami jangan sering memberikan perintah untuk melakukan berbagai hal. Mengertilah dan pahamilah kondisi seorang istri sehingga suami pun akan menjadi pribadi yang pengertian dan penyayang.

10. Jangan menganggap bahwa istri adalah tawanan atau pembantu. Perhatikanlah ia sebagai seorang pasangan sekaligus ibu dari anak-anak kelak.

Baca Juga:


Itulah 10 nasehat dari Imam Ahmad bin Hanbal Radhiyallahu ‘Anhu yang ditujukan untuk para calon suami dalam bersikap terhadap istrinya. Semoga bisa menjadi ilmu yang bermanfaat untuk mengarungi bahtera rumah tangga. Aamiin

Wallahu A’lam




loading...

close ini