Sabda Rasulullah: Tutuplah Pintu, Jendela Dan Wadah-Wadah Di Malam Hari




Sabda Rasulullah: Tutuplah Pintu, Jendela Dan Wadah-Wadah Di Malam Hari


Sabda Rasulullah: Tutuplah Pintu, Jendela Dan Wadah-Wadah Di Malam Hari

Sesungguhnya syariat yang Rasulullah anjurkan bukanlah tanpa alasan. Semua telah terukur dengan jelas dan terbukti dengan nyata karena bersumber langsung dari Allah yang merupakan pencipta segala apa yang ada di langit dan yang ada di bumi.

Salah satu anjuran Rasulullah yang berkaitan dengan malam hari adalah menutup pintu, jendela dan wadah-wadah meski hanya menggunakan sebilah kayu.

“Jika malam datang menjelang, atau kalian berada di sore hari, maka tahanlah anak-anak kalian (di rumah) karena ketika itu setan sedang bertebaran. Jika telah berlalu sesaat dari waktu malam, maka biarkanlah mereka (jika ingin keluar). Tutuplah pintu dan berdzikirlah kepada Allah, karena sesungguhnya setan tidak dapat membuka pintu yang tertutup. Tutup pula wadah minuman dan makanan kalian dan berdzikirlah kepada Allah, walaupun dengan sekedar meletakkan sesuatu di atasnya, matikanlah lampu-lampu kalian.” (HR Bukhari Muslim)

Dalam hadist riwayat Ahmad dijelaskan tentang alasan kenapa harus mematikan lampu.

“Tutuplah bejana-bejana dan tempat minum kalian. Serta matikanlah lampu-lampu ketika hendak tidur. Karena fuwaisiqoh (binatang kecil seperti cicak, tokek dan yang lainnya) terkadang menyenggol sumbu dan bisa membakar rumah. Dan tahanlah anak-anak kalian (di rumah) ketika sore hari karena jin bertebaran ketika itu dan terkadang menculiknya.”

Sementara anjuran menutup wadah atau bejana meskipun hanya menggunakan sepotong kayu dijelaskan dalam hadist berikut ini.

“Tutuplah pintu-pintu ketika malam dan matikanlah lampu-lampu. Tutuplah bejana serta tempat makan dan minum. Walaupun hanya engkau taruh sepotong kayu di atasnya.”

Kesimpulan dari hadist atau keterangan diatas menunjukkan:

1. Rasulullah melarang anak kecil keluar menjelang malam yakni ketika maghrib. Sementara setelah beberapa saat kemudian yakni menjelang isya, maka anak-anak pun diperbolehkan keluar jika memang ada kepentingan.

2. Jika akan tidur, hendaklah setiap orang menutup pintu dan jendela. Alasannya selain terhindar dari niat jahat manusia, kita pun akan terhindar dari bangsa jin yang hendak merasuki tubuh manusia.

3. Dianjurkan juga untuk menutup wadah atau bejana meskipun dengan potongan kayu karena bisa menjadi tempat bernaung binatang dan juga setan.
Baca Juga: Ini Penjelasan Mengapa Anak Tidak Boleh Keluar Saat Maghrib
Semoga kita semua bisa melaksanakan sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam tersebut dengan penuh ketaatan dan mengharapkan perlindungan Allah semata, terutama di malam hari.

Wallahu A’lam