Kisah Inspiratif: Kakek Ini Hafal Quran Di Usia 70 Tahun, Bagaimana Dengan Kita?




Kisah Inspiratif: Kakek Ini Hafal Quran Di Usia 70 Tahun │ Ketika disuruh atau dianjurkan untuk menghafal Al Quran, seringkali kita memiliki segudang alasan. Contohnya saja, “Duh umur segini udah sulit menghafal, coba kalo sejak masih sekolah.”

Ada saja alasan untuk bisa menghafal Al Quran dan salah satunya dikarenakan umur yang sudah lanjut dimana otak atau daya ingat sudah tidak sebagus saat muda. Namun tengoklah kakek yang satu ini. Kakek yang berasal dari Jeddah ini mau mulai menghafal Al Quran meski umurnya saat itu 60-an. Sebuah usia yang jauh dengan usia kita sekarang ini. Sebuah usia yang rawan akan kepikunan dan juga terganggu oleh penglihatan yang sudah mulai berkurang serta lisan yang sudah mulai kaku.

Kisah Inspiratif: Kakek Ini Hafal Quran Di Usia 70 Tahun, Bagaimana Dengan Kita?
Ilustrasi
Namun semua kesulitan itu tak digubris oleh kakek bernama Abdullah Muhammad Musa ini demi bisa menghafal Al Quran. Proses hafalan bukannya tanpa hambatan karena ia harus berusaha keras mengucapkan huruf dan tajwid Al Quran secara jelas. Pelafalan menjadi penting karena jika salah, tentu akan berbeda artinya.

Meski terasa seperti mendaki jalan yang terjal, namun kakek yang satu ini tetap bersikukuh untuk menghafal Kitab Suci yang menjadi pedoman hidup umat Islam. Ia memulai belajar kepada Syaikh Abdullah Husain, seorang Hafidz yang berijazah di Masjid Raya Abdul Aziz. Dengan kesungguhan Abdullah dan keuletan dari gurunya, ia pun bisa menghafal 10 juz dengan sempurna. Berbekal pencapaian tersebut, ia terus berusaha menghafalkan seluruh isi Al Quran.

Sungguh pemandangan yang jauh berbeda dengan anak muda saat ini yang membaca Al Quran setiap hari pun sangat sulit dan lebih condong untuk membaca hal yang tidak penting sama sekali.

Abdullah kemudian melanjutkan hafalannya ke Masjid Shalah Karamah dan dengan waktu dua setengah tahun, ia mampu menghafal seluruh isi Al Quran. Dengan kata lain, di usia 70 tahun akhirnya ia bisa menjadi seorang Hafidz.

Masya Allah, sesungguhnya Allah akan memberikan kemudahan jika kita bersungguh-sungguh, meski pun akan banyak kendala yang harus dihadapi. Bahkan karena kegigihannya, Allah pun mempercepat hafalannya.

Sungguh pantaslah kita untuk malu karena di usia kita yang masih muda, kita sudah enggan dan malas-malasan untuk belajar menghafal Al Quran. Sementara berbagai lagu dan nyanyian dengan mudahnya kita hafalkan dan lebih banyak waktu untuk kita dengarkan.

Ketahuilah banyak cara yang bisa dilakukan agar kita mampu untuk menghafal Al Quran jika memang kita memiliki niat. Tidak ada kata terlambat untuk melakukan kebaikan.

Wallahu A’lam




loading...

close ini