Jangan Lupakan Doa Ini Ketika Tasyahud Sebelum Salam




Jangan Lupakan Doa Ini Ketika Tasyahud Sebelum Salam │ Ibadah shalat merupakan ibadah yang tidak boleh dilewatkan sedikit pun oleh umat Islam, baik yang sehat ataupun yang sakit. Ibadah shalat terutama shalat wajib juga mutlak dilaksanakan karena menjadi pembeda antara muslim dengan kafir.

Selain merupakan kewajiban yang tidak bisa ditawar, shalat juga mengandung banyak unsur bacaan doa di dalamnya. Salah satunya adalah ketika posisi tasyahud. Di posisi tersebut kita bisa dengan bebas berdoa apapun dan Allah pun InsyaAllah akan mengabulkan.

Jangan Lupakan Doa Ini Ketika Tasyahud Sebelum Salam

Dalam sebuah hadist Ahmad, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

“Janganlah kalian berkata: ‘Assalamu ‘Alallah (keselamatan atas Allah) karena Dialah As Salam. Jika kalian duduk (tasyahud), maka ucapkanlah: ‘At tahiyatu lillah, Wash shalaatuh thayyibaat, assalaamu ‘alaika ayyuhannabiy warahmatullahi wabarakaatuh, assalaamu ‘alaina wa ‘ala ibaadillahish shalihiin.’ Jika kalian telah mengucapkan demikian, maka doa tersebut akan meliputi semua hamba yang shalih di langit dan di bumi, ataupun di antara keduanya. (Kemudian ucapkanlah) Asyhadu an laa ilaaha illallah, wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh.’ Kemudian hendaklah dia memilih doa yang dia sukai untuk berdoa dengannya.” (HR Ahmad, Bukhari, Abu Daud)

Tak hanya dalam hadist tersebut saja Rasulullah menganjurkan seseorang untuk berdoa ketika tasyahud. Hadist yang lain menyatakan,

“Apabila salah seorang di antara kalian shalat maka hendaklah ia memulai dengan memuji Allah, kemudian bershalawat kepada Nabi kemudian berdoalah setelah itu dengan doa yang ia kehendaki.” (HR Tirmidzi)

Seperti apakah doa yang pantas untuk kita ajukan ketika dalam posisi duduk tasyahud agar segera diterima?

Salah satu doa yang dimuat dalam hadist Rasul riwayat Ahmad, Abu Dawud dan Nasai adalah doa yang dibaca oleh salah seorang laki-laki yang tengah melaksanakan shalat di masjid. Ketika dalam posisi tasyahud, Rasulullah mendengar ucapan doa laki-laki tersebut dengan lafadz,
ALLAHUMMA INNI AS ALUKA YA ALLAH, BI ANNAKAL WAAHIDUL AHADUSH SHAMAD, ALLADZI LAM YALID WA LAM YUULAD WA LAM YAKUL LAHU KUFUWAN AHAD, AN TAGHFIRALI DZUNUUBI INNAKA ANTAL GHAFUURU RAHIIM
Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu Ya Allah Yang Maha Esa lagi tempat bergantungnya seluruh makhluk, yang tidak beranak, tidak pula diperanakkan dan tidak ada yang setara denganNya, agar Engkau mengampuni dosa-dosaku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Maka Rasulullah pun bersabda, “Sungguh Allah telah mengampuninya, sungguh Allah telah mengampuninya, sungguh Allah telah mengampuninya.”

Subhaanallah, bukankah selama ini kita ingin agar Allah mengampuni dosa yang kita lakukan? Sungguh ampunan Allah begitu dekat ketika kita membaca doa tersebut dalam tasyahud. Bahkan Rasulullah memperjelas pengampunan Allah sebanyak tiga kali.

Oleh karenanya, mari kita hafalkan doa tersebut sehingga bisa diamalkan ketika melakukan tasyahud. Dengan merutinkannya, maka Allah pun akan mengampuni dosa yang selama ini kita perbuat.

Semoga Allah memudahkan kita menghafalnya dan menerima permohonan ampun kita semua. Aamiin




loading...

close ini