Inilah 3 Keistimewaan Bulan Rajab Yang Harus Diketahui

Inilah 3 Keistimewaan Bulan Rajab Yang Harus Diketahui

author photo
Inilah 3 Keistimewaan Bulan Rajab Yang Harus Diketahui │ Salah satu bulan penanggalan dalam kalender Islam adalah bulan Rajab. Bulan ini begitu dinanti-nanti dikarenakan banyaknya keistimewaan yang terkandung di dalamnya. Bahkan dari namanya saja sudah menunjukkan bahwa bulan ini begitu dihormati.

Rajab berasal dari kata tarjib yang memiliki arti ‘terhormat’. Tak heran jika setiap muslim begitu mengharapkan bulan ini segera datang. Berikut adalah 3 keistimewaan bulan Rajab yang harus kita ketahui.

Inilah 3 Keistimewaan Bulan Rajab Yang Harus Diketahui

1. Bulan Rajab Adalah Bulan Haram

Bulan Rajab merupakan salah satu dari empat bulan yang diharamkan. Dengan kata lain, bulan Rajab merupakan bulan yang istimewa dan berbeda dari bulan-bulan lainnya.

Allah Ta’ala telah berfirman:

“Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah itu ada 12 bulan. Seluruhnya dalam ketetapan Allah di hari Dia menciptakan langit dan bumi. Di antara (12 bulan) itu terdapat empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu mendzalimi dirimu dalam bulan yang empat itu..” (QS At Taubah 36)

Sehingga arti dari bulan haram disini adalah haram untuk saling menyakiti dan saling menumpahkan darah. Kecuali memang jika pihak dari musuh dahulu yang pertama kali melakukannya, maka kita diperbolehkan untuk membalasnya. Selain itu bulan tersebut juga harus bersih dari perbuatan dosa karena dosa saat itu jauh lebih besar. Dan pahala ketika beramal shaleh di bulan itu jauh lebih besar daripada bulan yang lain, kecuali bulan Ramadhan.

Dari kutipan Ibnu Abbas, Ibnu Katsir menulis, “Sesungguhnya mengerjakan perbuatan dzalim di bulan-bulan haram, maka dosa dan sanksinya jauh lebih besar dibandingkan melakukan perbuatan dzalim di bulan-bulan yang lain.”

2. Bulan Yang Dekat Dengan Ramadhan

Sungguh apabila kita telah mencapai bulan Rajab, maka alangkah dekatnya dengan bulan Ramadhan. Keduanya hanya terpisah oleh satu bulan saja yaitu bulan Sya’ban. Para ulama yang wara’ juga banyak yang mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan semenjak bulan Rajab. Hal ini telah diabadikan dalam doa ketika masuk bulan Rajab yang sudah banyak kita ketahui.

“Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban serta berkahilah kami dalam bulan Ramadhan.” (HR Ahmad)

Itulah doa yang senantiasa diucapkan oleh banyak ulama sebagai cara untuk mendapatkan keberkahan atas tiga bulan yang berturut-turut tersebut. Dengan doa itu pula menjadi pengharapan agar bulan Ramadhan bisa mereka raih dengan penuh kesempurnaan takwa.

3. Bulan Rajab Adalah Bulannya Isra Mi’raj

Bulan Rajab selalu teringat oleh umat Islam dikarenakan di dalamnya terdapat peristiwa yang sangat dahsyat. Sebuah peristiwa dimana hanya Abu Bakar Ash Shidiq saja yang mempercayainya yakni peristiwa isra Mi’raj yang menjadi jembatan perintah shalat secara langsung dari Allah kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Jika perintah lainnya hanya melalui malaikat Jibril, maka perintah shalat langsung Allah tunjukkan kepada Rasulullah sebagai bukti bahwa shalat merupakan ibadah yang istimewa dan lebih diutamakan.

Baca Juga: Subhanallah, Inilah Keutamaan Puasa Rajab Yang Sangat Dahsyat

Karenanya sudah sepatutnya kita lebih mengintropeksi diri di bulan Rajab ini untuk lebih memperbaiki shalat wajib yang kita lakukan agar tidak asal mengerjakan saja, melainkan menjadi pondasi yang kuat untuk melakukan kebaikan dan ibadah yang lain.

Wallahu A’lam
Next article Next Post
Previous article Previous Post