Beginilah Azab Orang Yang Meninggalkan Shalat




Beginilah Azab Orang Yang Meninggalkan Shalat │ Kitabullah umat Islam yakni Al Quran telah merangkum semua tata cara untuk mendidik seorang manusia agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Tak hanya untuk urusan dunia, namun juga untuk urusan akhirat. Dan salah satu cara yang efektif adalah dengan menerapkan hukum yang berimbang yakni adanya pahala dan siksa terhadap mereka yang mengerjakan ataupun meninggalkan perkara tersebut.

Beginilah Azab Orang Yang Meninggalkan Shalat

Dengan metode ini, setiap orang akan menyadari apa yang akan didapatnya jika melakukan kebaikan dan apa pula akibatnya jika meninggalkannya. Seperti halnya shalat yang merupakan kewajiban setiap umat Islam. Banyak keterangan baik dalam Al Quran maupun Al Hadist yang secara gamblang menjelaskan tentang berbagai macam pahala yang didapat bagi pelakunya. Akan tetapi sesungguhnya terdapat juga hukuman ataupun siksaan bagi mereka yang sengaja meninggalkan kewajiban yang paling utama tersebut.

Berikut adalah 6 siksa orang yang meninggalkan sholat 5 waktu. Tak hanya siksaan di dunia, namun juga di dunia pun sudah terasa begitu berat.

1. Akan Berperilaku Seperti Orang Kafir

Semuanya sudah mengerti bahwa shalat merupakan pembeda antara umat Islam dan kaum kafir. Sehingga ibadah ini harus tetap dijalankan sepanjang akal masih sadar. Karena jika tidak, bersiap-siaplah dihukumi kafir bahkan murtad.

2. Akan Mendapatkan Kesialan Hidup

Terkadang banyak yang mengaku Islam namun tak pernah sedikit pun mendirikan shalat. Anehnya kehidupan mereka serba berkecukupan. Ketahuilah bahwa kesenangan yang mereka dapatkan hanyalah dalam pandangan manusia dan bahkan bisa berbentuk istidraj. Ketika mereka dalam kesendirian, di situlah mereka akan merasakan sebuah kegelisahan yang tak pernah ada ujungnya sehingga mampu merusak lahir maupun batin.

3. N4fsunya Semakin Tak Terkendali

Sesungguhnya shalat akan menjadi pencegah perbuatan keji dan mungkar. Dengan kata lain, shalat akan menundukkan setiap n4fsu karena banyaknya dzikir kepada Allah dalam shalat. Dengan dzikir pula, hati seorang manusia akan tenang dan damai. Sebaliknya, ketika hatinya kosong dari mengingat Allah, maka hati akan menjadi sebuah sarang sy4hwat yang mampu merusak kehidupan seorang manusia.

4. Mati Secara Mengenaskan

Setiap orang menginginkan akhir kematiannya adalah kematian yang baik atau khusnul khatimah. Akan tetapi dalam praktek dan prosesnya, justru mereka tengah menuju kematian yang su’ul khatimah. Ketika seorang hamba telah melalaikan dan meninggalkan shalat, maka secara otomatis kehidupannya akan dipenuhi dengan maksiat dan kesia-siaan yang tak akan berguna di akhirat kelak.

5. Siksa Kubur Yang Mengerikan

Setelah meninggal, azab yang akan didapat semakin menjadi-jadi. Mereka yang meninggalkan shalat akan mendapati dalam kubur tersebut berupa hantaman palu yang amat keras di kepala, akan dililit oleh ular dan disakiti dengan hewan seperti kalajengking. Tak hanya itu saja karena mereka akan dibangkitkan di Padang Mahsyar dalam keadaan wajah yang menghitam.

6. Disiapkan Neraka Saqar

Akhirnya, mereka yang meninggalkan shalat akan memasuki suatu tempat yang tidak seorang pun betah di dalamnya. Tempat bernama neraka saqar ini telah Allah siapkan bagi seorang hamba yang enggan melaksanakan kewajiban berupa shalat.

Allah Ta’ala berfirman:

“Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar?” Mereka menjawab, “Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat.” (QS Al Mudatstsir 42-43)

Astaghfirullah, semoga Allah menyelamatkan kita dari azabNya yang sangat pedih dan menolong kita untuk tetap senantiasa mendirikan shalat dalam keadaan apapun. Aamiin