Inilah 6 Cara Agar Rajin Sholat Tahajud




Inilah 6 Cara Agar Rajin Sholat Tahajud │ Salah satu sholat yang diutamakan oleh Rasulullah selain dari sholat wajib adalah shalat tahajud. Seiring waktu, shalat ini pun dihukumi sunnah dikarenakan sejumlah sahabat yang kesulitan untuk melaksanakannya. Mereka sudah terlalu lelah mengerjakan segala sesuatu di siang hari baik itu berupa pekerjaan ataupun ibadah lain.

Keutamaan shalat tahajud membuat seorang hamba akan ditinggikan derajatnya oleh Allah. Tak hanya saat di akhirat, melainkan di dunia pun akan terasa. Karenanya banyak orang ingin bisa mendirikan shalat tersebut. Akan tetapi banyak alasan pula yang terlontar sehingga kita urung untuk melaksanakannya.

Inilah 6 Cara Agar Rajin Sholat Tahajud

Salah satu jalan ikhtiar yang bisa dilakukan agar bisa lebih rajin lagi melaksanakan sholat tahajud telah disampaikan oleh Ustadz Muhammad Arifin Ilham lewat 6 cara yang cukup jitu. Berikut adalah cara-caranya.

1. Luruskan Niat

Niat menjadi tolak ukur diterima atau tidaknya ibadah kita. Karenanya segera perbaiki niat yang salah ketika ingin melaksanakan shalat tahajud. Niatkan sejak awal mendirikan shalat tahajud hanya karena Allah. Karena terkadang niat yang salah hanya akan menjadi dosa dan penghalang untuk bisa merutinkan sholat malam tersebut.

2. Kaji Berbagai Hal Tentang Sholat Tahajud

Dengan membaca serta memahami ayat ataupun hadist yang berkaitan dengan keutamaan ataupun khasiat sholat tahajud, maka hati kita pun akan lebih tergerak untuk melaksanakannya tanpa pernah ada kata malas.

3. Tidur Di Awal Malam

Selalu biasakan untuk tidur di awal malam dan jangan begadang jika memang tidak ada keperluan yang sangat penting dan mendesak. Dengan tidur di awal waktu, maka tubuh akan terasa lebih bugar di pagi hari. Selain itu lakukan juga berbagai sunnah lain ketika hendak tidur seperti berwudhu dan berdoa sebelum tidur. Berdoalah pula agar Allah memberikan kita kesempatan untuk bangun melaksanakan sholat tahajud.

4. Jangan Asal Pilih Sahabat

Bagi yang merasa perlu dorongan untuk melaksanakan sholat malam ini, jalinlah persahabatan dengan teman yang senantiasa mengamalkannya. Sahabat yang seiman akan dengan ridha saling mengingatkan untuk melakukan berbagai ibadah, termasuk salah satunya adalah melaksanakan shalat tahajud. Kita yang malas pun lambat laun akan ketularan oleh sahabat yang rajin tersebut.

5. Ikut Bergabung Dengan Komunitas

Jika susah untuk memiliki teman ataupun sahabat shalih yang jaraknya dekat, maka ikutlah dengan komunitas yang senantiasa mengingatkan. Contohnya saja seperti Tahajjud Call seperti waktu zaman Darut Tauhid milik Aa Gym tengah ramai-ramainya. Metode ini menggunakan missed call dalam per kelompok yang terdiri dari 6 orang. Setiap orang harus saling mengingatkan dan digilir siapa yang harus duluan menelepon teman satu kelompoknya untuk membangunkan.

6. Sering Bersilaturahmi Dengan Para Ulama

Dengan sering bertemu dan mendengarkan ilmu dari para ulama, maka akan diperoleh keberkahan dan kebaikan yang salah satunya adalah penyemangat untuk melaksanakan berbagai ibadah seperti sholat tahajud.

“Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyuk) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan.” (QS Al Muzzammil 6)

Dengan 6 cara tersebut diharapkan kita bisa lebih rajin lagi melaksanakan sholat tahajud dan keberkahan serta keridhoan Allah pun akan diraih.

Wallahu A’lam




loading...

close ini