Beginilah 5 Tipu Daya Setan Ketika Shalat




Beginilah 5 Tipu Daya Setan Ketika Shalat │ Shalat telah sering disebutkan dalam Al Quran dan dikaitkan dengan perintah lainnya seperti dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Ada juga ayat yang mengatakan, “Mohonlah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan shalat.” Sungguh shalat mampu membuat seorang muslim sibuk dengan kebaikan dan melupakan niat untuk melakukan kemungkaran.

Untuk menggapai kenikmatan shalat, setiap muslim diharuskan memenuhi semua hal yang menjadi rukun ataupun adab dalam shalat. Maknai seluruh bacaan yang ada dalam shalat sehingga bukan asal gumaman saja.

Beginilah 5 Tipu Daya Setan Ketika Shalat

Namun seringkali kita mendapati berbagai rintangan ketika shalat dan semua itu merupakan tipu daya setan dengan maksud membuat kita ragu-ragu ketika melaksanakan ibadah wajib tersebut. Apa saja lima tipu daya setan ketika sholat tersebut?

1. Kusala

Kusala merupakan tipu daya setan yang membuat umat Islam malas untuk mengerjakan shalat. Keterangan ini didapat dalam Kitabullah surat An Nisa ayat 142.

“Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila berdiri untuk shalat, mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka meyebut Allah kecuali sedikit sekali.”

2. Attajjul

Sering kita lihat seseorang yang tengah sholat namun ia begitu terburu buru seperti seekor ayam yang tengah mematuk makanan. Ia hanya ingin segera selesai dari ibadah tersebut dan tidak merasakan kenikmatan dalam setiap gerakan yang dilakukan ataupun setiap lafal yang ia bacakan.

3. Annuas

Tipu daya dari setan ini membuat kita seringkali menguap. Setiap gerakan ataupun bacaan senantiasa diselingi dengan menguap. Akan tetapi yang aneh adalah ketika selesai shalat, maka badan terasa segar kembali. Astaghfirullah

4. Marhodhulbaththahuni

Godaan dari setan ketika sholat ini adalah keinginan yang sangat besar untuk buang angin ataupun ingin buang air besar. Bahkan hal itu bisa terjadi berkali-kali.

5. Annisyan

Godaan ini membuat muslim lupa akan bacaan sholatnya ataupun tidak fokus. Ia akan asyik berkhayal dan mengingat berbagai hal yang ada di luar sholat. Sampai-sampai ia pun lupa berapa jumlah rakaat shalat yang telah ia lakukan.

Allah Ta’ala berfirman:

“Setan telah menguasai mereka lalu menjadikan mereka lupa mengingat Allah. Mereka itulah golongan setan. Ketahuilah, sesungguhnya golongan setan itulah golongan yang merugi.” (QS Al Mujadalah 19)

Kelima hal tersebut seringkali berulang setiap shalat dan apabila tidak segera mengingat Allah, maka sebuah kerugian yang amat besar telah kita dapatkan. Bagaimana tidak? ketika sholat yang merupakan posisi berhadap-hadapan dengan Allah pun pikiran dan jiwa kita sibuk dengan hal yang lain.

Ya Allah lindungilah shalat yang kami dirikan ini dari tipu daya setan. Aamiin