Suasana Gerhana Matahari Total Tahun 1983: Ibu Hamil Disuruh Tidur Bawah Kolong




Suasana Gerhana Matahari Total 1983: Ibu Hamil Disuruh Tidur Bawah Kolong

Suasana Gerhana Matahari Total Tahun 1983: Ibu Hamil Disuruh Tidur Bawah Kolong
Suasana Gerhana Matahari Total Tahun 1983

Gerhana matahari total insyaallah akan kembali terjadi pada hari ini Rabu 9 Maret 2016. Momen gerhana matahari total merupakan peristiwa yang terbilang cukup langka. Sejak kemunculannya yang terakhir pada 1983 silam.

Dari sekian peristiwa Gerhana Matahari Total yang pernah terjadi, Suasana gerhana matahari total yang terjadi tahun 1983 merupakan salah satu kejadian alam yang unik dan selalu menempel di ingatan masyarakat awam kala itu, mengapa demikian?

Karena beberapa hari sebelum terjadi Gerhana Matahari, media massa kala itu seperti majalah, koran, radio dan TVRI membuat pemberitaan secara gencar dan massif, akan terjadi gerhana matahari total yang sebagian akan terjadi di wilayah indonesia.

Para ilmuwan dan ahli astronomi yang berkompeten kala itu juga sudang memperkirakan daerah mana saja yang akan dilewati, jam berapa. Bahkan mereka juga menjelaskan, bahwa gerhana matahari total diperkirakan hanya akan terjadi sekitar 300 tahun sekali di tempat yang sama.

Bagi kebanyakan masyarakat jaman 80 an yang bisa dibilang masih awam dengan informasi tersebut tentu saja menganggap hal tersebut adalah suatu kejadian yang 'mengerikan'. sehingga gerhana matahari kala itu masih dikenang hingga saat ini.

Uniknya, bumbu mitos-mitos yang dihubungkan dengan matahari pun ikut dihembuskan oleh oknum oknum tak bertanggungjawab untuk menambah kesan betapa seramnya peristiwa gerhana matahari total ini.

Sontak, pemberitaan media yang dilakukan dengan gencar pun membuat masyarakat awam menjadi sangat ketakutan. Hal ini berbanding terbalik dengan para ilmuwan dan turis dari mancanegara yang berbondong-bondong datang ke Indonesia untuk menjadi saksi atas gerhana matahari tahun itu.

Baca Juga:





Dalam sebuah video yang direkam oleh TVRI, terlihat penduduk Indonesia kala terjadi gerhana matahari tersebut tak berani keluar rumah, melihat langit, anak anak disuruh masuk ke dalam rumah, tidak boleh ada yang bermain di luar dan bahkan ibu hamil disuruh bersembunyi di kolong. Ini lantaran beredar kabar jika melihat gerhana matahari janinnya bisa dicuri oleh betara kala.

Penasaran seperti apa Suasana Gerhana Matahari Total 1983? Berikut videonya,