Kamu Akan Menyadari 10 Hal Ini Ketika Sudah Menikah Nanti




KabarMakkah.Com – Menikah merupakan salah satu sunah Rasul yang dianjurkan bagi umatnya. Dengan menikah, seseorang akan memiliki kesempurnaan dalam ibadah. Bahkan menikah sama dengan separuh agama. Karena memang di dalamnya banyak amalan yang tidak bisa dilakukan ketika seseorang belum menikah.

Sesungguhnya akan ada banyak keutamaan atau keistimewaan ketika kita memantapkan untuk menikah. Semua hal tersebut sudah termaktub dalam Al Quran maupun dalam Al Hadist.

Setelah Menikah, 10 Hal Ini Akan Langsung Anda Sadari

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaannya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan dijadikanNya di antaramu rasa kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.” (QS Ar Rum 21)

“Jika seseorang menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh agamanya. Karenanya, bertakwalah kepada Allah pada separuh yang lainnya.” (HR Baihaqi)

Sehingga siapapun yang melaksanakannya dengan sempurna, ia akan mendapatkan pahala yang besar di hadapan Allah.

Namun selain keutamaan tersebut, dalam pernikahan juga ada beberapa yang baru disadari oleh kedua pasangan. Terlebih lagi untuk yang baru menunaikan ijab kabul. Berikut 10 hal yang baru disadari setelah menikah.

1. Rumah Tangga Tak Seindah Drama Korea Ataupun Dongeng

Sering kita mendengar cerita ataupun melihat di televisi tentang kisah cinta dua insan yang berakhir dengan indah dalam sebuah kerajaan yang megah. Namun tak diceritakan bagaimana mereka menjalani hari-harinya setelah kisah indah tersebut.

Sama hal dengan kehidupan nyata, banyak yang berpikiran bahwa setelah menikah maka kehidupannya akan seindah di negeri dongeng. Padahal kenyataannya akan ada dimana banyak konflik dan masalah yang harus dihadapi dengan bijak. Sedikit saja menyerah pada keadaan, maka biduk rumah tangga akan hancur berantakan.

Selain itu untuk mencapai kebahagiaan tidak bisa begitu saja karena ada beragam kebutuhan yang harus dipenuhi seperti sandang, pangan dan papan. Namun tidak harus semuanya tersedia sebelum pernikahan karena menjalani proses meraihnya bersama-sama akan lebih indah dan lebih mengesankan.

2. Rindu Pada Keluarga Di Rumah

Sebelum kita menikah, anggota keluarga di rumah sering membuat kita jengkel dan ingin rasanya untuk segera menikah dan pindah dari rumah tersebut. Namun ternyata setelah menikah, kita justru akan merasakan kerinduan dengan suasana ramainya di rumah. Bahkan hal yang menyebalkan sekali pun bisa menjadi kerinduan yang mendalam.

3. Belajar Gotong Royong

Setelah menikah, kita baru tersadar untuk melakukan segala sesuatu secara bergotong royong dan bekerjasama. Setelah menikah, kita pun belajar untuk memanajemen aktivitas dan membagi porsinya masing-masing.

Tak akan ada lagi orang tua yang selalu memenuhi kebutuhan kita dan tak ada lagi orang tua yang dengan mudah kita pinta bantuannya. Kta pun harus mengerjakannya bersama dengan pasangan dan berusaha saling bahu membahu.

4. Belajar Berbagi

Setelah menikah, kita baru tersadar untuk saling berbagi dengan pasangan. Ketika mendapatkan rezeki lebih maka tanpa perlu diperintah kita pun harus membaginya. Jauh berbeda saat masih sendirian dimana ketika mendapatkan kelebihan rezeki akan langsung digunakan untuk kepentingan sendiri.

5. Rasa Beda Kencan Setelah Menikah

Kencan setelah menikah ternyata lebih menyenangkan dan lebih berkesan melebihi kencan sebelum pacaran. Tak ada kekhawatiran saat berdua-duaan dan justru lebih terlihat romantis tanpa ada hal yang disembunyikan.

6. Belajar Tentang Ego

Jika dulunya kita mempertahankan ego, maka setelah menikah, kita pun harus belajar mengatur ego seperti belajar untuk berkompromi dengan pasangan ataupun mengambil sebuah keputusan di antara dua pendapat. Dengan demikian, keputusan yang diambil bisa menjadi jalan tengah bagi keduanya.

7. Tahu Tujuan Pernikahan

Banyak yang ketika sebelum menikah, tak tahu tujuan dari pernikahan. Bahkan ketidak tahuan tersebut bisa sampai menjelang pernikahan. Kita hanya bisa mengira-ngira sesuatu yang belum terlaksana. Namun setelah menikah, barulah kita tahu tujuan pernikahan tersebut dan itu hanya kita dan pasangan saja yang mengetahuinya.

8. Ternyata Mertua Tidak Seseram Di Sinetron

Banyak sinetron ataupun pemberitaan mengenai mertua yang tidak ramah dan bahkan menjadi musuh menantunya. Namun setelah menikah, ternyata semuanya salah besar. Mertua tetaplah orang tua yang memiliki rasa kasih sayang. Mereka akan menyayangi menantu sama seperti menyayangi anaknya sendiri. Bahkan kita pun akan merasakan bahwa mereka bagai orang tua kita sendiri.

9. Rasa Canggung Di Rumah Mertua Atau Di Rumah Orang Tua Sendiri

Setelah menikah, rasa canggung akan muncul ketika kita berada di rumah mertua maupun di rumah orang tua sendiri. Pasti akan ada kecanggungan baik dari kita maupun pasangan sehingga sebuah impian memiliki rumah pun akan terus terbayang.

10. Pasangan Adalah Cerminan Diri

Seseorang akan menyukai orang yang memiliki kesamaan sifat. Bahkan ada pula jodoh yang memiliki kesamaan dalam wajah. Sehingga setelah menikah, kita akan menemukan banyak kesamaan dengan pasangan yang sebelumnya tak pernah kita sadari.

Itulah 10 hal yang baru kita sadari setelah menikah. Jadi segera niatkan untuk menikah untuk hidup yang lebih berkah dan raih kebahagiaan dunia akhirat dengannya.