Seperti Inilah 6 Tanda Allah Menerima Taubat Seorang Hamba

Seperti Inilah 6 Tanda Allah Menerima Taubat Seorang Hamba

author photo
KabarMakkah.Com – Kasih sayang Allah begitu luas dan tak terhingga. Bahkan Allah berani menggantikan dosa yang kita perbuat dengan kebaikan jika kita mau bertaubat dan kembali memenuhi segala perintahNya.

Karenanya, ketika kita berbuat salah sekecil apapun, jangan ragu untuk bertaubat dan memohon ampun kepadaNya. Jangan pula berpikir saat dosa kita sangat besar dan menggunung, Allah enggan untuk mengampuni. Pemikiran tersebut salah besar karena justru ketika kita berjalan mendekati ampunanNya, Allah akan dua kali lipat dalam mendekati hambaNya.

Seperti Inilah 6 Tanda Allah Menerima Taubat Seorang Hamba

Seseorang yang telah Allah terima taubatnya tentu akan memiliki beberapa ciri dimana ciri tersebut menunjukkan sesuatu yang mengarah kepada kebaikan dan menjurus pada keridhaan Allah. Berikut adalah tanda-tandanya.

1. Hidup Akan Jauh Dari Perbuatan Maksiat

Benarlah firman Allah yang mengatakan bahwa Ia akan menggantikan keburukan dengan kebaikan jika hamba tersebut mau bertaubat. Ketika kita telah melakukan taubat dan menyesali perbuatan dosa tersebut, hati ini akan Allah giring ke arah kebaikan dan dijauhkan dari hal yang berupa maksiat.

Hari-harinya akan lebih tenang dan damai karena selalu dilindungi oleh Allah dari perbuatan yang membangkang perintahNya.

2. Perasaan Bahagia Dan Selalu Ingin Dekat

Bagi orang yang telah Allah terima taubatnya, maka hatinya akan merasakan sebuah kebahagiaan ketika melakukan sebuah ibadah ataupun amal kebaikan lainnya. Ia pun akan selalu ingin berada berdua dengan Allah dalam setiap shalat dan dzikirnya.

Sehingga jangan heran ketika melihat orang yang telah Allah terima taubatnya karena ia akan senang berlama-lama dalam dzikir dan shalatnya. Alhasil tutur kata dan perilakunya akan jauh berbeda ketika ia sedang melaksanakan maksiat kepada Allah.

3. Dekat Dengan Orang Sholeh

Orang yang telah melakukan taubatan nasuha dan diterima taubatnya, akan mendapatkan petunjuk Allah lewat dijauhkan dari para ahli maksiat.

Ia pun akan Allah tunjukkan sahabat-sahabat baru yang sama-sama taat dan menjalankan ibadah dengan penuh kesungguhan

4. Selalu Kurang Puas Dalam Beramal

Seseorang yang telah mendapatkan tiket keridhaan Allah atas taubatnya akan merasakan bahwa harta yang diperoleh sudah lebih dari cukup. Justru ia akan merasa kurang puas terhadap amalan sholeh setiap harinya. Ia selalu berpikir bahwa untuk akhirat, ia harus mengumpulkan amal sholeh sebanyak-banyaknya.

5. Sibuk Dengan Urusan Akhirat

Orang yang dikatakan telah menerima pengampunan dari Allah akan memiliki hati dan pikiran yang selalu dipenuhi dengan perbuatan yang dapat mendekatkan dirinya kepada Allah.

Setiap langkahnya hari demi hari selalu berlandaskan niat karena Allah. Ibadah yang sebelumnya tidak pernah dilakukan pun akan dilakukannya dengan penuh kesungguhan. Tak heran jika hari-harinya selalu diisi dengan kegiatan untuk kampung akhirat.

6. Lisan Yang Terjaga

Menyesali perbuatan dan tidak akan melakukannya lagi merupakan ciri orang telah melakukan taubat yang sebenar-benarnya. Ia pun akan menjaga setiap perkataan agar tidak mengembalikannya kepada kesalahan dan kemaksiatan.

Jiwa yang telah dilingkupi dengan rasa bersalah dan merasa hina akan membuat lidahnya tak akan pernah kering dari melafadzkan ampunan serta mengagungkan Allah. Sehingga ia pun akan lebih banyak diam dari berkata yang sia-sia dan lebih memilih untuk berkhalwat dengan Allah dalam dzikir dan ibadahnya.

Semoga ciri-ciri diterimanya taubat oleh Allah tersebut bisa terjadi pula kepada kita yang kini tengah berusaha memperbaiki diri dan memohon ampun atas dosa yang telah dilakukan. Dan yakinlah bahwa Allah Maha Pengampun lagi Maha Penerima Taubat.

Next article Next Post
Previous article Previous Post