Kisah Hikmah: 7 Kejadian Aneh Yang Disaksikan Seorang Penggali Kubur




Kisah Hikmah: 7 kejadian aneh yang disaksikan seorang penggali kubur │ Dahulu terdapat seorang pemuda yang pekerjaannya hanyalah menggali kubur. Akan tetapi sebenarnya ia bukanlah seorang penggali kubur seperti pada umumnya karena ia melakukan itu hanyalah untuk mencuri kain kafan dengan maksud untuk dijual kembali.

Suatu ketika ia berniat untuk bertemu dengan seorang ahli ibadah guna mengutarakan penyesalannya atas apa yang telah diperbuat selama ini. Ia ingin benar-benar bertobat kepada Allah Ta’ala.

Kisah Hikmah: 7 kejadian aneh yang disaksikan seorang penggali kubur

Dalam pertemuannya dengan ahli ibadah tersebut, ia menjelaskan bahwa selama ia mencuri kain kafan, telah ia saksikan sekitar 7 keganjilan ataupun kejadian aneh di dalam lubang kubur. Karena peristiwa itulah ia pun ingin segera bertobat dan memperbaiki diri.

Peristiwa yang pertama adalah ketika sebelum dikubur, ia melihat mayat diletakkan dengan posisi menghadap kiblat. Namun ketika ia menggalinya kembali, ternyata posisinya justru membelakangi kiblat.

Sang ahli ibadah kemudian menjelaskan bahwa itulah orang yang telah menyekutukan Allah. Karenanya Allah menghinakan mereka dengan memalingkan wajah mereka ke belakang kiblat.

Peristiwa yang kedua adalah seorang mayit yang sangat cantik wajahnya, namun ketika digali kembali wajahnya sangat buruk sehingga membuat siapapun akan ketakutan melihatnya. Menurut ahli ibadah tersebut, seperti itulah orang yang telah meremehkan shalat dan meninggalkannya sepanjang batas usia yang dimilikinya. Meski ia telah berbuat baik, namun semua hangus karena tidak mendirikan shalat.

Peristiwa yang ketiga adalah seseorang yang awalnya memiliki perut yang ramping, namun ketika digali kembali, perutnya membuncit dan membesar. Bahkan muncul ulat dalam jumlah banyak dari dalam perutnya tersebut.

“Demikianlah golongan manusia yang gemar memakan harta yang haram dan tidak lagi mempedulikan baik buruknya rezeki yang didapat.” Kata sang ahli ibadah.

Lantas peristiwa yang ketiga tidak kalah aneh karena mayit dalam kuburan tersebut berubah menjadi batu yang hitam warnanya. Sang ahli ibadah menjawab bahwa itulah seorang anak yng mendurhakai orang tuanya. Karenanya Allah tidak akan ridho jika seorang anak menyakiti orang tuanya.

Penggali kubur itu kemudian pernah menggali kubur lainnya dan melihat peristiwa dimana kuku mayit tersebut amat panjang dan membelit tubuhnya hingga seluruh isi dalam tubuh keluar seketika.

Ahli ibadah itu kemudian menjawab bahwa mereka itu adalah orang yang memutuskan silaturahim dan suka memulai pertengkaran. Mereka pun termasuk orang yang tidak pernah bertegur sapa dengan saudaranya lewat dari 3 hari.

Dalam waktu yang lain, penggali kubur itu melihat kuburan seseorang yang saat ia dikubur masih kering, namun ketika digali justru penuh dengan air hitam yang busuk baunya dan membuat mayatnya menjadi terapung.

Ahli ibadah itu kemudian menjelaskan bahwa mereka itu adalah orang yang senang memakan harta riba sewaktu masih hidup di dunia dan tidak segera memperbaiki kesalahannya.

Dan terakhir, penggali kubur itu pun pernah melihat mayit yang tersenyum dengan wajah yang berseri-seri. Sang ahli ibadah mengatakan bahwa itulah orang yang senantiasa mencari ilmu dan mengamalkannya. Manusia seperti inilah yang akan mendapatkan kemuliaan di sisi Allah sejak hidup hingga matinya.

Semoga kisah tersebut menyadarkan kepada kita bahwa siksa kubur itu ada dan harus kita yakini sebagai pengingat untuk kita agar senantiasa beribadah dan terus memperbaiki diri.

Wallahu A’lam





loading...