Keutamaan Ayat Seribu Dinar dan Khasiatnya: Pembuka Pintu Rezeki Melimpah dari Arah Tak Disangka-sangka

Keutamaan Ayat Seribu Dinar dan Khasiatnya: Pembuka Pintu Rezeki Melimpah dari Arah Tak Disangka-sangka

Keutamaan Ayat Seribu Dinar dan Khasiatnya: Pembuka Pintu Rezeki Melimpah dari Arah Tak Disangka-sangka


Keutamaan Ayat Seribu Dinar dan Khasiatnya: Pembuka Pintu Rezeki dari Arah Tak Disangka-sangka

Sebagaimana diketahui, Ayat seribu dinar dikenal sebagai salah satu ayat pemanggil rezeki paling banyak diamalkan oleh banyak orang.

Karena cara pengamalannya sangat mudah dan khasiatnya begitu besar bagi orang yang membaca doa tersebut, khususnya terkait malah rezeki.

Ayat seribu dinar ini sebenarnya adalah kandungan surat At Thalaq ayat 2 dan 3, yang dimana sudah tertulis dalam Al Qur’an. Sehingga tidak bersifat musyrik atau syirik jika anda mau mengamalkannya.

"Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangka. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-nya. Sesungguhnua Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Alllah telah mengadakan ketentuan bagi tiang-tiap sesuatu." (QS. Ath-Thalaq [65]: 2-3)

Ibn 'Abbas ra ketika menafsirkan ayat ke-2 dari QS. Athalaq ini, sebagaimana dikutip oleh Imam Jalaluddin Al-Suyuthi dalam tafsir Ad-Dur Al-Manysur fi Yafsir al-Ma'tsur menjelaskan bahwa yang dimaksud kata makhraja menurut Rasulullah saw adalah solusi atau jalan keluar atas persoalan-persoalan duniawi, pertolongan di saat menghadapi kematian (sakratul maut), serta perlindungan atas dahsyatnya hari kiamat.

Adapun makna dari ayat ke-3 dari QS. Ath-Thalaq, wa yarzuqhu min haitsu la yahtasib (dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka), menurut Al-Qurtubhi dalam al-Jami' li Ahkam Al-Qur'an adaolah rezeki yang tidak pernah diprediksi sebelumnya.

Adapun menurut Ibn 'Uyainah, sebagaimana dikutip Imam al-Qurthubi, makna ayat tersebut adalah keberkahan dalam rezeki yang telah didapatkannya.

Berikut cara mengamalkan ayat seribu dinar untuk rezeki melimpah dan tata caranya dalam mengamalkan amalan tersebut.

Cara Pertama

Bacalah surat Al-Fatihah pada malam pertama dari tiap awal bulan kalender Hijriyah (bukan bulan kalender Masehi) sebanyak 1000 kali dan ayat berikut ini :

َرَبَّنَآ أَنزِلۡ عَلَيۡنَا مَآئِدَةٗ مِّنَ ٱلسَّمَآءِ تَكُونُ لَنَا عِيدٗا لِّأَوَّلِنَا وَءَاخِرِنَا وَءَايَةٗ مِّنكَۖ وَٱرۡزُقۡنَا وَأَنتَ خَيۡرُ ٱلرَّٰزِقِينَ

“Isa putera Maryam berdoa: “Ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; beri rzekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezki Yang Paling Utama” (QS Al-Maidah : 114)

وَيَرۡزُقۡهُ مِنۡ حَيۡثُ لَا يَحۡتَسِبُۚ وَمَن يَتَوَكَّلۡ عَلَى ٱللَّهِ فَهُوَ حَسۡبُهُۥٓۚ إِنَّ ٱللَّهَ بَٰلِغُ أَمۡرِهِۦۚ قَدۡ جَعَلَ ٱللَّهُ لِكُلِّ شَيۡءٖ قَدۡرٗا

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu” (QS Ath-Thalaq : 2-3)

Masing-masing ayat diatas dibaca sebanyak 21 kali, kemudian bacalah asma Allah berikut ini sebanyak 10 kali :

“Allaahumma innii as-aluka bismika, yaa razzaaqu yaa fattaahu yaa wahhaabu yaa ghaniyyu yaa mughniyyu yaa baasith”

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada Mu dengan nama Mu, wahai Yang memberi rezeki, wahai Yang membuka, wahai yang memberi karunia, wahai Yang Maha Kaya, wahai Yang mencukupi, wahai Yang membentangkan“

Kemudian berdoalah kepada Allah sesuai dengan hajatnya masing-masing, niatkan dengan hati yang tulus dan berdoalah dengan tenang dan khusyuk.

Cara Kedua

Sahabat Ibnu Abbas RA pernah berkata :

”Siapa yang membaca ayat-ayat ini (Ath-Thalaq : 2-3) di hadapan penguasa penguasa yang ia takuti kezhalimannya, atau ketika terjadi ombak yang ia takut tenggelam, atau ketika berhadapan dengan binatang buas, maka hal itu tidak akan membahayakan sedikitpun”

Dijelaskan bahwa ayat dalam surat At-Thalaq dapat digunakan digunakan sebagai wasilah untuk mendapatkan pertolongan dari Allah SWT saat menghadapi penguasa zalim, atau ketika sedang dalam keadaan terdesak dan posisi berbahaya.

Cara Ketiga

Membaca ayat At-Thalaq 2-3 sebanyak 1000 kali dalam sehari. Caranya dapat mendawamkan bacaan 1000 kali dalam sekali duduk, atau membaca seusai sholat fardhu sebanyak 200 kali, jika ditotal dalam sehari, jumlah keseluruhan bacaan adalah 1000 kali.

Baca ayat tersebut dengan ikhlas sambil meresapi maknanya. Setelah itu berdoa kepada Allah sesuai apa yang menjadi hajatnya.

Demikianlah Keutamaan Ayat Seribu Dinar dan Khasiatnya, semoga bermanfaat.
Next article Next Post
Previous article Previous Post