Allahu Akbar, Bocah Sakit Ini Tetap Mendirikan Shalat Meski Susah Payah (Video)




KabarMakkah.Com – Sebuah video memperlihatkan seorang anak yang berusaha mendirikan shalat meski ia sedang mengalami sakit yang membuat anggota tubuh bagian bawahnya terlihat lebih kecil ukurannya dibandingkan anak-anak seusianya.

Sebuah video yang mengajarkan kita bagaimana kewajiban mendirikan shalat harus tetap dilaksanakan apapun alasannya. Sebuah pemandangan yang jauh berbeda dengan kehidupan umat Islam yang dengan mudahnya meninggalkan shalat lima waktu tanpa alasan yang dibenarkan. Bahkan mereka sengaja lebih mementingkan kesibukan duniawinya tanpa bisa diselang oleh ibadah yang hanya membutuhkan waktu beberapa menit ini.

Allahu Akbar, Bocah Sakit Ini Tetap Mendirikan Shalat Meski Susah Payah (Video)

Video yang berdurasi 4 menit 21 detik tersebut menjadi sebuah tamparan yang sangat keras bagi seorang yang mengaku muslim namun tak pernah sedikit pun ingat dan melaksanakan shalat, terutama shalat wajib.

Dalam video tersebut terlihat bahwa ia tengah berusaha untuk mendirikan shalat di tengah kondisinya yang berjalan pun sangat susah. Video yang diunggah pada bulan September 2015 ini tidak mencantumkan siapa nama anak shaleh tersebut yang saat sakit pun ia tetap melaksanakan kewajibannya.


Terlihat di awal pemutaran, bocah ini menuju kamar mandi untuk berwudhu dengan sangat susah payah. Ia harus berdiri dengan mengandalkan tumpuan dari kloset dan berwudhu dengan satu tangan karena yang satunya harus bertumpu pada kloset agar tetap bisa berdiri.

Subhaanallah, Allahu Akbar, video ini benar-benar telah membuat haru sekaligus pengingat bagi masyarakat yang melihatnya.

Wajibnya Mendirikan Shalat Lima Waktu

Rasulullah telah bersabda, “Allah Ta’ala telah berfirman: ‘Sesungguhnya Aku mewajibkan umatku atas shalat lima waktu dan menjanjikan bahwasanya orang yang menjaga shalat pada waktunya akan Aku masukkan ke dalam surga. Dan barang siapa yang tidak menjaga atas lima waktu, maka tidak ada janji atasnya.”

Kewajiban shalat bukan hanya diperuntukkan bagi umat Islam yang telah dewasa atau baligh saja. Akan tetapi kewajiban ini telah disabdakan oleh Rasulullah agar diajarkan semenjak anak berusia 7 tahun.

Dari Jaddid, Rasulullah bersabda, “Perintahlah kalian pada anak kecil dengan sholat ketika telah berumur 7 tahun. Dan ketika berumur 10 tahun maka pukullah anak karena meninggalkan shalat.”

Sangat jelas bahwa Rasulullah mengetahui seorang anak memerlukan pembiasaan dalam melaksanakan shalat sehingga beliau memerintahkan umatnya agar mengajarkan shalat ketika anak masih berusia 7 tahun.

Usia tersebut merupakan sebuah usia yang cukup untuk mengajarkan tentang bacaan ataupun berbagai praktek shalat dengan benar. Rasulullah pun memberikan masa tenggang agar anak mau terus diajarkan shalat selama 3 tahun dan ketika menginjak usia 10 tahun, maka seorang anak wajib dipukul jika ia tidak mau melaksanakan shalat.

Akan tetapi dalam memukul seorang anak, hendaknya memperhatikan bahwa pukulan yang disebutkan Rasulullah adalah pukulan yang mendidik dan bukan pukulan yang melukai, apalagi meninggalkan bekas. Rasulullah mencontohkan untuk memberikan pukulan pada daerah kaki karena lebih aman dan tidak menimbulkan rasa nyeri yang meninggalkan bekas.
Baca Juga: Keajaiban Shalat Lima Waktu Yang Telah Dilupakan
Lewat video tersebut sudah selayaknya bagi orang tua untuk segera memberikan pengajaran kepada anak-anaknya untuk tetap istiqamah dalam melaksanakan kewajiban. Karena shalatlah yang akan menjadi pertanyaan pertama di akhirat kelak.

Semoga bisa menjadi bahan renungan untuk kita semua baik yang telah melaksanakan shalat ataupun yang belum melaksanakannya setiap waktu. Aamiin






close ini