Benar Sabda Nabi! Walaupun Sudah Bau Tanah, Manusia Akan Tetap Mempunyai 2 Hal Ini

Benar Sabda Nabi! Walaupun Sudah Bau Tanah, Manusia Akan Tetap Mempunyai 2 Hal Ini

author photo
Kehidupan di dunia layaknya rangkaian bias-bias sinar terik yang membentuk fatamorgana. Terlihat begitu indah mempesona. Segar menawan. Ia melambai-lambai, membuat jiwa yang haus kian terpedaya.

Benar Sabda Nabi! Walaupun Sudah Bau Tanah, Manusia Akan Tetap Mempunyai 2 Hal Ini


Seperti itulah rupa hidup buat sebagian orang. Seperti itulah ketika kesenjangan antara idealita dengan realita tak lagi menumbuhkan kesadaran. Bahwa, hidup penuh perjuangan. Yang muncul selanjutnya adalah angan-angan. Andai saya bisa. Andai saya begini. Andai saya kaya!

Kesenjangan makin parah ketika tarikan-tarikan idealita punya dua tangan. Adanya obsesi hidup serba lengkap di satu sisi, serta pergaulan yang begitu akrab dengan dunia serba mewah. Entah kenapa, ingatan begitu kuat menyimpan sederet merek mobil mewah, lokasi wisata kelas tinggi, trend baru seputar busana, handphone dan sebagainya. Ada selera hidup yang, boleh jadi, di luar kemestian.

Padahal, kenyataan diri berkali-kali menegaskan bahwa semua tuntutan gaya hidup itu di luar kemampuan. Bahwa, membayang-bayangkan sesuatu di luar kesanggupan hanya menguras energi tanpa manfaat. Seolah diri ingin mengatakan, “Inilah kenyataan. Terimalah. Jangan mimpi. Jangan terbuai angan-angan!”.

Namun, penegasan itu sulit diterima diri yang terus dipermainkan nafsu. Pada saat yang sama, kesadaran jiwa kian tenggelam dengan angan-angan. Terus tersiksa dengan segala ketidakmampuan. Cahaya iman meredup. Hati pun menjadi gelap.

Ada beberapa sebab kenapa angan-angan kian memanjang dan ambisi semakin meninggi.

Pertama, keringnya hati dalam mengingat Allah SWT. Kekosongan-kekosongan itulah yang menjadi lahan subur tumbuhnya angan-angan. Allah SWT berfirman, “Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka), dan janganlah mereka seperti orang-orang yang sebelumnya telah diturunkan Alkitab kepadanya, kemudian berlalulah masa yang panjang atas mereka lalu hati mereka menjadi keras. Dan kebanyakan di antara mereka adalah orang-orang yang fasik.” (QS. Al-Hadiid: 16).

Kedua, adanya kecintaan pada dunia. Luqman Al-Hakim pernah berkata kepada anaknya: “Wahai anakku, sesungguhnya dunia itu laut yang dalam. Telah banyak orang yang tenggelam di dalamnya. Maka hendaklah perahu duniamu itu senantiasa takwa kepada Allah ‘Azza Wajalla. Isinya iman kepada Allah Ta’ala. Dan layarnya berupa tawakkal penuh pada Allah SWT. Anakku, berpuasalah dari dunia dan berbukalah pada akhirat.”.

Seorang ulama seperti Ibnu Qayyim Al-Jauziyah pernah memberikan nasihat soal ini. Janganlah sekali-kali menatap dan merenungi harta orang lain. Karena di situlah peluang setan menyusupkan godaannya.

Ketiga, menghinakan nikmat Allah. Sangat wajar jika seorang manusia ingin hidup kaya. Dan Islam sedikit pun tidak melarang umatnya menjadi orang kaya. Justru, ada hadits Rasulullah saw. yang mengatakan, “Kaadal faqru ayyakuuna kufron” (Boleh jadi kefakiran menjadikan seseorang kepada kekafiran).

Masalahnya tidak pada sisi itu. Ketika seseorang tidak mampu menerima kenyataan apa adanya, ada sesuatu yang hilang. Itulah syukur terhadap nikmat Allah. Rasulullah saw. bersabda, “Dua hal apabila dimiliki seseorang dia dicatat oleh Allah sebagai orang yang bersyukur dan sabar. Dalam urusan agama (ilmu dan ibadah) dia melihat kepada yang lebih tinggi lalu meniru dan mencontohnya. Dalam urusan dunia dia melihat kepada yang lebih bawah, lalu bersyukur kepada Allah bahwa dia masih diberi kelebihan.” (HR. Tirmidzi).

Jika seorang hamba Allah kurang bersyukur, yang terjadi berikutnya adalah buruk sangka pada Allah SWT. Menganggap Allah SWT kurang bijaksana. Menganggap Allah tidak adil. Padahal, semua kebijaksanaan Allah adalah pilihan yang terbaik buat hamba-Nya. Boleh jadi, kemiskinan buat seseorang memang merupakan situasi yang tepat buat hamba Allah tersebut.

Terakhir, adanya kekaguman terhadap seseorang karena sisi kekayaannya. Begitulah mereka yang kehilangan identitas keimanannya. Gampang kagum dengan sesuatu dari kulit luarnya: penampilan dan kekayaan. Padahal, kenyataan hidup yang terlihat tidak seindah yang dibayangkan.

Benarlah sabda Rasulullah SAW, dalam sebuah hadits riwayat Anas bin malik ra berkata, Rasulullah saw bersabda:

"Anak Adam akan menjadi tua dan dua hal tetap menyertainya, yaitu ambisi dan angan angan" (HR.Muslim)

Kehidupan memang tak bisa lepas dari pemandangan menipu sejenis fatamorgana. Tapi semua itu tidak akan mampu menggoda hati-hati yang tidak dahaga. Karena nikmat Allah yang ada sudah teramat layak untuk disyukuri.

Oleh karena itu, wahai saudaraku, sedikitkan angan-anganmu dan batasi ambisi duniamu. Dalam menyedikitkan angan-angan mintalah pertolongan dengan mengingat putusnya kelezatan dan yang memisahkan perkumpulan. Berpikirlah dari jalan yang ada di depanmu dengan penglihatan yang sangat nyata, dan merasalah dekatnya mati, karena mati itu adalah perkara gaib yang paling dekat yang sedang menunggu. Bersiap-siaplah untuk mati dan takutlah kepada mati yang datangnya mengejutkan semua keadaan.

Wallahu A'lam.
Next article Next Post
Previous article Previous Post