Allahu Akbar, Gerhana Bulan Penumbra Akan Terjadi Tanggal 23 Maret




Allahu Akbar, Gerhana Bulan Penumbra Akan Terjadi Tanggal 23 Maret │ Badan Meteorologi yang kerap dikenal dengan istilah BMKG telah mengungkapkan bahwa akan terjadi gerhana bulan penumbra pada tanggal 23 Maret 2016 besok lusa. Dan gerhana bulan ini akan terjadi di Indonesia saja.

Allahu Akbar, Gerhana Bulan Penumbra Akan Terjadi Tanggal 23 Maret

Taufik Hermawan selaku Prakirawan BMKG mengkonfirmasi pada hari Senin (21/3/2016) bahwa, “Gerhana bulan penumbra pada Rabu malam bisa disaksikan di seluruh Indonesia tepat dua minggu setelah gerhana matahari total.”

Gerhana bulan ini akan terjadi dan bisa disaksikan pada saat bulan terbit di ufuk timur dan kemungkinan besar terjadi pada pukul 16.36 WIB. Gerhana tersebut akan mencapai puncaknya pada pukul 18.47 WIB dan berakhir pada pukul 20.57 WIB.

Dilansir dari Antara, Taufik menjelaskan bahwa gerhana bulan penumbra bisa diamati dengan jelas jika memang cuaca benar-benar dalam keadaan cerah. Ia juga menjelaskan bahwa fenomena ini terjadi karena cahaya matahari yang harusnya sampai ke bulan, terhalangi oleh bumi.

Dari catatan perkiraannya, kemungkinan besar gerhana bulan penumbra di tahun ini akan terjadi tiga kali yakni pada tanggal 23 Maret, 18 Agustus dan 17 September.

Fenomena ini tak lepas dari munculnya gerhana matahari total yang terjadi pada tanggal 9 Maret 2016 kemarin dimana hampir dapat langsung disaksikan oleh seluruh masyarakat yang ada di Tanah Air.

Akan tetapi memang hanya beberapa daerah saja yang bisa secara jelas melihat fenomena gerhana matahari total yang terjadi pada pukul 6 pagi tersebut.
Baca Juga: Saat Gerhana Bulan Penumbra Terjadi, Apakah Disunnahkan Melaksanakan Shalat?




loading...

close ini