3 Amal Yang Bisa Mengubah Takdir Buruk




KabarMakkah.Com – Ketahuilah bahwa amal bisa mengubah takdir buruk atau ketentuan yang telah Allah tetapkan untuk kita. Banyak yang sudah mengalami ketika seseorang melakukan amal kebaikan, maka takdirnya yang bersifat buruk akan langsung dihapus dan diganti dengan yang lebih baik.

3 Amal Yang Bisa Mengubah Takdir Buruk

Adapun tentang penentuan takdir, telah Allah tetapkan ketika manusia masih di dalam rahim ibunya. Dan keterangan yang memuatnya terdapat dalam Al Hadist.

“Sesungguhnya seorang manusia itu diciptakan dalam perut ibunya selama 40 hari dalam bentuk nutfah (mani), 40 hari menjadi segumpal darah, 40 hari menjadi segumpal daging. Kemudian Allah mengutus malaikat untuk meniupkan ruh ke dalamnya dan menuliskan empat ketentuan yaitu rezekinya, ajalnya, amal perbuatannya dan sengsara atau bahagianya.” (HR Bukhari Muslim)

Sesungguhnya Allah Subhanahu Wa Ta’ala sangatlah berkasih sayang kepada hambaNya. Meski telah menetapkan takdir sejak dalam kandungan, namun Allah masih memberikan kesempatan kepada hambaNya untuk mengubahnya dengan atas izin Allah sendiri.

Berikut adalah amalan yang dapat mengubah takdir buruk sehingga datanglah takdir yang baik.

1. Amal Kebaikan

Rasulullah telah memberikan penjelasan kepada kita semua bagaimana sebuah amal baik bisa mengubah takdir yang tidak kita inginkan.

“Beramallah kamu sekalian, karena beramal (berbuat baik atau beribadah) akan mengubah sesuatu yang buruk yang telah ditentukanNya kepadamu.” (HR Bukhari Muslim)

“Tiada yang dapat menambah umur seseorang, selain kebaikan.” (HR Ahmad dan Thabrani)

Lihatlah bagaimana Rasulullah sendiri memberitahu kepada kita bahwa selain menetapkan takdir yang baik, Allah juga menetapkan takdir yang buruk. Akan tetapi apabila kita beribadah dan melakukan berbagai kebaikan Lillahi Ta’ala, maka takdir yang buruk tersebut akan Allah rubah sesuai dengan kehendakNya. Bahkan umur yang sudah ditetapkan pun bisa diperpanjang ketika kita melakukan amal kebaikan.

2. Sedekah

Salah satu cabang dari ibadah yang banyak mengandung kebaikan serta keajaiban adalah sedekah. Banyak kisah-kisah yang memperlihatkan bagaimana dengan sedekah, seseorang yang susah bisa sejahtera. Dengan sedekah pula orang yang dilanda kesulitan akan mendapatkan kemudahan dan dengan sedekah, musibah yang harusnya menimpa bisa tertolak.

Ustadz Yusuf Mansyur salah satu da’i yang menggiatkan umat muslim untuk senantiasa bersedekah setiap harinya. Bahkan beliau menantang keyakinan kita kepada Allah dengan menyedekahkan seluruh harta yang dimiliki.

Hal ini sebelumnya memang telah diberitakan oleh Rasulullah dalam hadistnya.

“Sesungguhnya sedekah itu dapat memadamkan kemarahan Allah dan menolak ketentuan yang buruk.” (HR tirmidzi)

“Bersegeralah bersedekah, karena bala tidak pernah mendahului sedekah.” (HR Thabrani)

“Sesungguhnya sedekah dan silturahmi itu dapat menambah umur dan menolak ketentuan buruk yang tidak disukai dan ingin dijauhi.” (HR Abu Ya’la)

3. Doa

Doa merupakan senjata seorang muslim karena didalamnya kita bisa memohon berbagai macam kebutuhan dan keinginan. Bahkan dengan doa pula, ketentuan atau takdir Allah yang buruk bisa dihilangkan dan diganti dengan kebaikan.

“Tiada yang bisa menolak takdir Allah, kecuali doa.” (HR Tirmidzi, Hakim, Ahmad dan Ibnu Majah)

Demikian 3 amalan yang bisa mengubah takdir buruk yang akan menimpa diri kita serta menggantinya dengan kebaikan. Semoga kita diberi keyakinan untuk tetap beristiqamah melaksanakan ketiga hal tersebut sehingga Allah pun memberikan hanya yang terbaik dalam kehidupan kita.





loading...

close ini