Yang Sulit Mencari Jodoh, Renungkan 5 Hal Ini




KabarMakkah.Com – Jodoh merupakan rahasia yang telah Allah buat dan tidak ada satu pun yang mengetahui hal itu, bahkan malaikat sekalipun. Sehingga jika ada yang mengaku-ngaku jodohnya adalah si anu berarti ia telah berani melewati ketentuan Allah.

Jodoh memang menjadi rahasia yang terbesar dimana segala yang berkaitan dengannya akan tertulis jelas di Lauhul Mahfudz baik itu namanya, wajahnya hingga alamatnya. Akan tetapi jodoh juga bisa diikhtiarkan selama kita bisa berdoa dan memperbaiki diri hingga Allah mengabulkan jodoh yang kita minta.

Yang Sulit Mencari Jodoh, Renungkan 5 Hal Ini

Namun jika ternyata kita masih berbuat keburukan, bisa jadi jodoh kita pun akan bersifat buruk. Atau bahkan mungkin sulit untuk mendapatkan jodoh.

Bagi umat muslim yang kini sudah menginjak usia 35 tahun namun jodoh belum kunjung datang, ada sesuatu yang harus diperbaiki entah itu berupa amalan ibadah ataupun yang bersifat muamalah.

1. Sering Menyepelekan Shalat

Shalat merupakan ibadah yang langsung diperintahkan oleh Allah untuk hamba-hambaNya yang bertakwa. Jika kini kita sudah sulit atau jarang melakukan shalat, kemungkinan besar kita pun jarang berdoa kepadaNya. Atau meski suka berdoa tapi melalaikan shalat, bisa jadi doa yang dipanjatkan hanya akan mengambang tanpa ada kejelasan dikabul atau tidaknya.

Contoh nyatanya seperti kita meminta sesuatu kepada orang tua. Yang pasti akan kita lakukan adalah dengan merayu dan mendekati orang tua kita agar segera memberikan apa yang kita inginkan.

Jadi sama halnya kepada Allah. Kita perlu merayu dan mendekatiNya karena mustahil doa kita akan dikabul jika mendekatiNya saja sudah enggan.

2. Memutuskan Hubungan Silaturahmi

Jika kita saat ini sedang bermasalah dengan saudara ataupun sahabat, sebaiknya hati-hati. Alasannya adalah karena memutuskan silaturahmi akan membuat kita sulit mendapatkan jodoh.

Alasan kenapa silaturahmi bisa berhubungan dengan jodoh adalah karena jodoh merupakan rezeki dan rezeki itu bisa datang dari siapa saja, termasuk dari teman atau saudara. Jika komunikasi dengan saudara atau teman saja sudah berkurang, maka kesempatan untuk mendapatkan jodoh pun ikut berkurang.

3. Berdosa Kepada Orang Tua

Sesungguhnya keridhaan Allah tergantung pada keridhaan orang tua. Dengan ungkapan seperti itu, sudah selayaknya kita meminta maaf kepada orang tua jika kita memiliki salah dan membuat mereka kecewa.

Jangan sampai doa buruk yang orang tua pendam diutarakan kepada Allah. Sungguh akan menjadi sebuah kerugian jika itu dikabulkan.

4. Memilih Kriteria Yang Terlampau Tinggi

Jika kita memilih dengan kualifikasi yang terlampau tinggi, maka akan sulit untuk bisa menemukan jodoh dengan cepat. Bahkan mungkin tidak akan menemukannya. Ini karena tidak ada manusia yang sempurna dan pasti akan selalu memiliki kekurangan.

Segeralah turunkan kriteria yang diharapkan. Yang terpenting adalah pilihlah agama dan akhlak dahulu. Jika sudah betul agamanya, insyaallah kriteria yang lain akan ikut menjadi baik.

5. Tak Pernah Berusaha

Coba apa yang telah diusahakan untuk bisa mendapatkan jodoh? Jika hanya berdiam diri saja di rumah, jelas sudah tidak akan mendapatkan atau sulit mendapatkan jodoh.

Namun jangan diartikan harus bersikap murahan. Justru yang ditekankan disini adalah seberapa mau kita untuk bersikap terbuka dan meminta pertolongan dari para sahabat.

Jadi jika hanya melamunkan sesosok imam tapi tanpa ada usaha, jelas itu hanya angan-angan yang jauh dari kenyataan.

Itu 5 hal yang bisa menjadi bahan renungan untuk kita yang kesulitan mendapatkan jodoh. Jika memang sebagiannya ada dalam diri, segera lakukan perbaikan. Insyaallah jodoh pun akan segera menghampiri.