Pesan Rasulullah Untuk Seorang Wanita Dalam Bergaul




KabarMakkah.Com – Bagi seorang pria, wanita merupakan perhiasan dunia yang terindah. Allah telah menjadikannya sebagai fitrah bagi setiap manusia dan memang kedudukan wanita adalah menjadi teman hidup pria. Ingatkah tentang kisah Nabi Adam ‘Alaihi Salam yang merasa kesepian, kemudian Allah menjadikan Hawa dari tulang rusuk Adam?

Ternyata pesona yang ada wanita harus diimbangi dengan pergaulan yang baik. Sebagai contoh adalah ketika wanita memiliki paras yang menarik, maka sudah sepantasnya ia untuk menjaga diri karena dengan kondisi seperti akan membuat laki-laki tergoda dan semakin banyak pula yang mengincarnya.
Pesan rasulullah terhadap wanita

Selain itu, Rasulullah berpesan terhadap para wanita agar mampu menjaga pergaulan karena dengan mengacuhkannya dapat mendatangkan kehidupan yang tidak sehat.

1. Jauhi Berkhalwat

Pesan dari Rasulullah tentang larangan berkhalwata merupakan pesan yang pertama disampaikannya. Berkhalwat merupakan perilaku berdua-duaan dengan lawan jenis yang bukan mahramnya di sebuah tempat yang sepi. Perilaku ini sangat berbahaya karena mampu mendatangkan pihak ketiga yang akan menggoda mereka berdua dan dia adalah setan.
Jauhi berkhalwat

Godaan sungguh sangat berat dalam kondisi yang seperti itu. Ia akan membuat kita melakukan perbuatan yang asusila dan maksiat. Bahkan godaan itu semakin kuat ketika tahu bahwa tidak ada yang melihat perbuatan tersebut.

Pesan ini terdapat dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dengan isi:

“Janganlah seorang wanita berduaan dengan seorang yang bukan mahram, karena ketiganya adalah setan. Maka barang siapa bangga dengan kebaikannya dan sedih dengan keburukannya, maka dia adalah seorang muslim" (HR Ahmad)

2. Jagalah Pandangan

Ketertarikan pada lawan jenis berawal dari mata. Mata inilah yang membuat seseorang terbuai dan tak jarang membuat nafsunya menguat.
Menundukkan pandangan

Dengan menjaganya lewat menundukkan pandangan akan meminimalkan godaan yang datang. Tanpa sikap menundukkan pandangan, maka pikiran yang melenakan dan berkhayal akan menjadi kesehariannya. Menjaga pandangan merupakan keharusan bagi setiap wanita maupun pria yang ingin sama-sama memelihara hati dan dirinya.

3. Jagalah Aurat

Aurat yang terbuka menjadi ladang subur tumbuhnya dosa. Seorang wanita yang enggan untuk menutup auratnya akan menjadikan para pria gemar menatapnya yang sekaligus dosa bagi keduanya.
Keseluruhan diri wanita adalah aurat sebagaimana yang dijelaskan oleh Rasulullah dalam hadistnya.
Menjaga aurat

“Wanita adalah aurat, jika dia keluar maka setan akan memperindahnya di mata lelaki” (HR Tirmidzi dengan sanad Shahih)

4. Jauhi Ikhtilat

Pesan yang Rasulullah sampaikan yang selanjutnya adalah jangan berikhtilat yang yang lebih dikenal dengan perilaku bercampur baur. Campur baur disini adalah menyatukan antara pria dan wanita dalam satu tempat. Kita bisa melihatnya seperti di sebuah pesta, ataupun acara-acara yang lainnya.
Jauhi ikhtilat

Dengan kondisi seperti itu akan memberikan kesempatan untuk berbuat maksiat. Para pria akan sepuasnya memandang seorang wanita dan begitu pun sebaliknya sehingga akhirnya setan memberikan celah yang lebih besar lagi untuk menuju gerbang perzinahan.

5. Jagalah kemaluan

Yang terakhir adalah jagalah kemaluan. Kemaluan inilah yang menjadi dosa terbesar dan mampu menghinakan seorang wanita di dunia maupun di akhirat.
Jagalah kemaluan

Menjaga kemaluan tidak memiliki konotasi yang sempit. Akan tetapi sikap seperti itu sangat luas seperti tidak terlalu banyak berbicara dengan lawan jenis, bercampur baur, membaca cerita yang mengundang syahwat ataupun melihat gambar dan video yang berbau perzinahan.

Itulah lima pesan yang disampaikan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam untuk para wanita. Memang saat ini sangat berat godaan untuk keluar dari jalur yang Rasul ajarkan. Namun bukan berarti tidak bisa dilaksanakan.

Lakukanlah dan raih keridhaan Allah dalam kehidupan karena sesungguhnya Allah menyayangi kita. Semoga Allah menjaga diri kita hingga Allah pun menempatkan kita dalam tempat yang terbaik.





loading...

close ini